Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Lampung mencatat kasus COVID-19 di provinsi ini bertambah 72 pasien dengan Kota Bandarlampung menjadi penyumbang terbanyak,  yakni 35 orang yang terinfeksi virus corona.

"Ya, awal bulan ini ada penambahan 72 pasien yang berasal dari 11 kabupaten dan kota di mana 35 di antaranya warga Bandarlampung," kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Selasa.

Kemudian penambahan kasus COVID-19 juga disumbangkan dari Kabupaten Lampung Utara sembilan pasien, Lampung Selatan tujuh pasien, Lampung Tengah lima pasien, Lampung Timur empat, Pringsewu dua, Tulangbawang Barat dua, Pesisir Barat dua, Pesawaran dua dan Waykanan satu.

"Dengan bertambahnya 72 pasien positif total jumlah kasus COVID-19 di Lampung mencapai 49.975," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Lampung awasi perayaan Imlek cegah persebaran COVID-19

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Lampung bertambah 27 pasien


Dia menyebutkan bahwa dari 72 kasus positif tersebut, 59 pasien merupakan kasus baru dan 13 lainnya adalah hasil penelusuran (tracing).

"Untuk yang dirawat ada 24 pasien dan 48 menjalani isolasi mandiri," ujarnya.

Sementara itu, untuk kasus kesembuhan COVID-19 di Lampung hingga saat ini berjumlah 45.637 setelah terdapat tiga orang yang dinyatakan selesai isolasi.

"Sedangkan, konfirmasi kematian bertambah dua. Sehingga total kematian dikarenakan terinfeksi virus corona di Lampung berjumlah 3.829," kata dia.

Reihana pun mengatakan bahwa Omicron memang tidak bisa dihindari lagi karena penyebaran yang cepat dibandingkan dengan varian COVID-19 lainnya. Namun, begitu masyarakat tidak perlu panik dan tetap membentengi diri dengan melakukan vaksinasi lengkap dan booster serta menerapkan prokes dengan ketat.

"Tetap terapkan prokes 5M, Insya Allah kita akan terhindar dari gelombang ketiga COVID-19," kata dia.*

Baca juga: Erick Tohir minta masyarakat tidak panik gelombang ketiga COVID-19

Baca juga: Dinkes Lampung laporkan adanya kasus probable Omicron

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022