orang Indonesia bisa berperan positif dan tampil dominan di mana saja, termasuk di tengah masyarakat Amerika Serikat di Georgia
Jakarta (ANTARA News) - Benjamin Hioe dan Rima McGraw, dua orang Indonesia yang selama ini bermukim di Georgia, Amerika Serikat, menerima penghargaan Most Influential Asian American 2011 dari Georgia Asian Times (GAT), sebuah media berpengaruh di negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Kedua tokoh orang Indonesia itu menerima penghargaan tersebut bersama 23 orang lainnya yang berasal dari berbagai negara di Asia, Al Busyra Basnur, Konsul Jenderal RI di Houston, AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan pers, Kamis.

Rima adalah CEO Karmila Design dan pendiri Sanggar Lestari, sementara Ben adalah aktifis Indonesian Community Heritage Foundation (ICHG) dan Direktur Photographi GAT.

Penghargaan tersebut diserahkan Li Wong, Presiden Direktur dan penerbit GAT dalam suatu makan malam khusus yang diselenggarakan14 Juli 2011 di Norcross, Atlanta, Georgia.

Li Wong mengatakan, penerima penghargaan itu diseleksi GAT, wartawan komunitas Asia yang aktif dalam kegiatan kemasyarakatan Asia-Amerika di Georgia dan nominasi terbuka yang berasal dari masyarakat Georgia.

Ditambahkan, calon penerima penghargaan adalah warga keturunan Asia-Amerika di Georgia. Mereka memiliki berbagai profesi dan berprestasi di bidang seni budaya, sosial kemasyarakatan, bisnis, pemerintahan, politik, pendidikan, peradilan, penelitian, ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang-bidang lainnya.

Sumbangan nyata mereka juga harus berpengaruh di dalam kehidupan masyarakat di Georgia. Penyerahan penghargaan 2011 ini merupakan yang keenam kalinya diselenggarakan GAT.

Benjamin Hioe atau lebih dikenal Ben Hioe, berasal dari Jakarta, bermukim di Atlanta sejak 30 tahun lalu. Ben dikenal sering membantu masyarakat, khususnya warga Indonesia di Atlanta dan sekitarnya.

Ia juga aktif dalam kegiatan kemasyarakatan di Georgia, diantaranya sebagai salah seorang penggagas dan berkarya di Indonesian Community Heritage Foundation (ICHF), suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang dibentuk secara swadaya oleh komunitas masyarakat Indonesia di Atlanta.

Dalam kesehariannya, Ben Hioe mempunyai hobi fotografi, dan menjabat sebagai Direktur Fotografi harian Georgia Asian Times.

Rima McGraw dikenal sebagai seorang relawan masyarakat yang tidak kenal lelah. Ia memiliki perhatian yang besar di bidang kegiatan seni dan sosial budaya. Dalam kesehariannya ia sering membantu warga Indonesia di Georgia.

Rima juga aktif berkontribusi sebagai relawan Yayasan Padi Nusantara, sebuah yayasan sosial yang telah berstatus sebagai organisasi non profit di Amerika Serikat. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan, pemberian beasiswa dan bantuan kemanusiaan, khususnya kepada anak-anak buta huruf dan anak-anak yang tidak mampu di Indonesia.

Tahun 2001, bersama beberapa orang kawan warga Indonesia, Rima membentuk Sanggar Lestari Indonesia, organisasi seni budaya beranggotakan komunitas Indonesia dan asing di Georgia. Sanggar tari ini mengkhususkan diri untuk mempromosikan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Amerika Serikat khususnya di Georgia.

Rima, insinyur sipil itu sebelumnya bekerja di Heery International Inc, sebuah perusahaan jasa konstruksi dan manajemen terkemuka di Atlanta. Kemudian ia memutuskan untuk memusatkan perhatiannya pada kegiatan sosial kemasyarakatan.

Lebih 300 orang tamu hadir dalam gala dinner tersebut, antara lain Konsul Jenderal Indonesia Al Busyra Basnur, Konsul Jenderal Jepang Takuji Hanatani, Konsul Jenderal Kehormatan Filipina Ray Donato, Jaksa Agung Georgia Sam Olen, Ketua Partai Republik Georgia Sue Everhart, dan Pimpinan Golongan Minoritas di

Parlemen Georgia Stacey Abrams.

Al Busyra Basnur, Konsul Jenderal RI di Houston yang wilayah kerjanya mencakup negara bagian Georgia menyatakan sangat senang dan berbahagia karena orang Indonesia di Georgia, Rima dan Ben menerima penghargaan dari GAT.

"Ini menunjukkan orang Indonesia bisa berperan positif dan tampil dominan di mana saja, termasuk
di tengah masyarakat Amerika Serikat di Georgia", kata Al Busyra.

Konjen Al Busyra mengharapkan agar prestasi Rima dan Ben dapat menjadi suri tauladan dan cambuk bagi masyarakat Indonesia lainnya di Amerika Serikat, khususnya wilayah kerja KJRI Houston.

"Peran masyarakat Indonesia sangat penting dalam meningkatkan dan mempererat persahabatan antar bangsa dan negara", katanya.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011