Washington (ANTARA News/AFP) - Moody`s pada Selasa memperingatkan akan memangkas peringkat kredit triple-A dari lima negara bagian Amerika Serikat, karena eksposur mereka yang tinggi terhadap pengeluaran oleh pemerintah AS, yang diri sendiri di bawah ancaman penurunan peringkat.

Lembaga pemeringkat mengatakan akan meninjau kemungkinan untuk penurunan peringkat utang yang dikeluarkan oleh negara bagian Maryland, New Mexico, South Carolina, Tennessee dan Virginia. Secara bersama lima negara bagian itu memegang sekitar 24 miliar dolar AS utang.

Moody terkait tinjauannya terhadap tindakan pada 13 Juli yang menempatkan rating AAA pada obligasi pemerintah AS dalam kajian untuk kemungkinan penurunan peringkat karena meningkatnya

prospek batas utang AS tidak akan dinaikkan pada waktunya untuk menghindari default (gagal bayar).

Kongres tetap terbagi atas menaikan pagu utang 14,29 triliun dolar AS; Kementerian keuangan AS telah memperingatkan akan kehabisan uang tunai untuk membayar sebagian besar dari tagihan pada 2 Agustus.

Dari 15 negara bagian dengan peringkat triple-A, lima ditemukan rentan terhadap peringkat utang negara AS, terutama karena tingginya tingkat pekerja federal dan penggunaan Medicaid, program asuransi kesehatan bagi masyarakat miskin, di masing-masing.

"Akankah rating pemerintah AS akan diturunkan ke Aa1 atau lebih rendah, peringkat lima negara bagian ini kemungkinan akan diturunkan juga," kata Moody dalam sebuah pernyataan, mencatat bahwa setiap negara akan dikaji secara terpisah.

Faktor-faktor risiko negatif negara bagian adalah sensitivitas ekonomi makro, ketergantungan pasar modal, dan ketergantungan pada pendapatan federal, katanya.

Setiap tindakan peringkat akan diumumkan dalam waktu tujuh sampai 10 hari setelah penurunan peringkat pada utang pemerintah AS.

Moody`s mengatakan kajian terhadap 10 negara bagian berperingkat tinggi lainnya adalah "elastis" terhadap penurunan satu tingkat dari peringkat obligasi negara "saat ini".

Tetapi jika pihaknya membuat penurunan peringkat tajam dari pemerintah federal, akan mungkin menempatkan mereka di tinjauan juga ..

Ke-10 negara bagian itu adalah Alaska, Delaware, Georgia, Indiana, Iowa, Missouri, North Carolina, Texas, Utah dan Vermont. (A026/A027/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011