Jakarta (ANTARA) - Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Selandia Baru pada Kamis mengumumkan pembukaan kembali secara bertahap perbatasan negara itu yang sebagian besar ditutup selama dua tahun akibat COVID-19, namun agen-agen perjalanan mengatakan aturan isolasi mandiri perlu dicabut untuk memulihkan sektor pariwisata yang terhantam pandemi.

* Sebanyak 55 kasus baru COVID-19 ditemukan di antara personel Olimpiade pada 2 Februari, kata ketua panel ahli medis Olimpiade Beijing 2022 pada Kamis. Angka itu menjadi yang tertinggi selama ini.

* Sejumlah perusahaan raksasa Korea Selatan telah meminta karyawan mereka untuk melakukan tes COVID mandiri sebelum kembali bekerja pada Kamis setelah menikmati libur Tahun Baru Imlek, di tengah kekhawatiran tentang penyebaran varian Omicron yang sangat menular.

Baca juga: Usai libur Imlek, karyawan di Korsel diminta tes COVID sebelum bekerja


Timur Tengah dan Afrika

* Meski Omicon secara proporsional menyebabkan lebih sedikit kasus infeksi parah dan kematian di Israel, kasus baru telah menembus angka 80.000 pada Januari sebelum mulai menurun dalam beberapa hari terakhir.

* Nigeria mengucurkan dana 149 juta dolar AS (Rp2,1 triliun) untuk membantu memerangi HIV/AIDS, khususnya untuk mencegah penularan dari ibu ke anak, setelah bantuan asing berkurang akibat negara-negara lebih fokus pada COVID-19.

Amerika

* Maskapai penerbangan, kalangan bisnis, dan asosiasi perjalanan mendesak Gedung Putih untuk mencabut aturan tes prakeberangkatan bagi penumpang internasional yang sudah divaksin dan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat.

* Meksiko mencatat total lima juta kasus COVID-19 pada Rabu (2/2) setelah melaporkan 42.181 kasus baru dan 573 kematian harian, menurut data kementerian kesehatan.

* Brazil melaporkan 172.903 kasus baru dan 893 kematian akibat COVID-19 dalam 24 jam terakhir, menurut data kementerian kesehatan pada Rabu.

* Para prajurit AS yang menolak vaksin COVID-19 akan segera dibebastugaskan, kata Angkatan Darat AS pada Rabu.  Langkah itu dinilai Angkatan Darat sangat penting untuk menjaga kesiapan tempur.

Baca juga: Tentara AD AS yang menolak vaksin bisa dipecat

Eropa

* Kartu vaksin Prancis akan tetap diberlakukan sampai rumah sakit di negara itu mampu berfungsi normal tanpa membatalkan tindakan medis nondarurat untuk memberikan ruang bagi pasien COVID di ruang perawatan intensif, kata Menteri Kesehatan Olivier Veran, Rabu.

* Italia akan segera mengumumkan jadwal pelonggaran pembatasan COVID-19, kata Perdana Menteri Mario Draghi pada Rabu, ketika lonjakan kasus yang dipicu varian Omicron mulai melambat.

* Jerman akan membolehkan hingga 10.000 penonton di acara-acara besar di luar ruangan seperti pertandingan sepak bola Bundesliga, seperti yang disepakati oleh 16 negara bagian.

Baca juga: 1 dari 4 pameran dagang di Jerman ditunda atau dibatalkan akibat COVID


Perkembangan Medis

* Panel ahli vaksin Jerman mempersiapkan rekomendasi untuk memberikan dosis keempat vaksin COVID-19, kata ketua komite Thomas Mertens kepada kelompok media Funke pada Kamis.

* Badan obat-obatan Spanyol mengatakan mereka telah mengizinkan perusahaan farmasi Hipra untuk melakukan uji klinis tahap III bagi vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan.

Sumber: Reuters

 

Perbatasan AS-Meksiko kembali dibuka setelah 20 bulan ditutup

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022