Makassar (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman menilai citra parlemen khususnya DPD RI di mata masyarakat tetap baik dan positif.

"Kalau ada anggota parlemen yang menjadi sorotan masyarakat itu adalah oknum, bukan lembaganya," kata Irman Gusman ketika meresmikan wahana DPD RI sekaligus menghadiri "pelantikan anggota DPD RI Kidzona" di Kidzona, Makassar, Rabu.

Menurut Irman, Bukti tetap baiknya citra parlemen, khususnya DPD RI, dari jawaban spontanitas 24 anak-anak yang menjadi "anggota DPD RI Kidzona" kelak ingin menjadi anggota DPD RI.

Saat itu, Irman Gusman bertanya kepada 24 anak-anak "anggota DPD RI Kidzona", siapa kelak yang ingin menjadi anggota DPD RI sungguhan.

Anak-anak yang berusia antara tujuh hingga 12 tahun serentak menjawab, "Saya ... !" sambil mengacungkan tangan ke atas.

Irman Gusman bertanya lagi, "Siapa yang ingin menjadi insinur?"

Anak-anak itu tidak ada yang menjawab dan tidak ada yang mengacungkan tangan ke atas.

"Dari jawaban spontan anak-anak, terbukti bahwa citra parlemen, khususnya DPD RI tetap baik dan positif. Realitasnya minat anak-anak untuk menjadi anggota DPD cukup tinggi," kata Irman Gusman.

Irman Gusman yang didampingi sejumlah anggota DPD RI dan Sekretarus Jenderal DPD RI beserta jajarannya meresmikan wahana DPD RI sekaligus menghadiri pelantikan "anggota DPD RI Kidzona" di Kidzona, di sebuah pusat perbelanjaan di Makassar.

Pada kesempatan tesebut dilakukan pelantikan anggota "DPD RI Kidzona" oleh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yakni sebanyak 24 orang.

Anak-anak tersebut, melakukan prosesi simulasi seolah-olah sedang menjalani pelantikan sebagai anggota DPD RI.

Irman menyambut positif, kegiatan "pelantikan anggota DPD RI Kidzona" tersebut sebagai sarana menambah wawasan dan meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan anak-anak.

Sementara itu, Presiden Director Kidzona, Karya Hasanuddin mengatakan, Kidzona adalah wahana edukasi dan hiburan bagi anak-anak yang yang dibangun di lahan seluas 10.300 meter persegi.

Di Kidzone terdapat 67 wahana yan merupakan miniatur dari lembaga dan instansi negara, seperti DPD RI, Markas Besar TNI, rmah sakit, pemadam kebakaran, dan sebagainya.

"Bermain di Kidzone sararannya adalah untuk memberikan hiburan sekaligus pengetahuan yang mendidik bagi anak-anak," katanya.

Ia mencontohan, bermain di wahana DPD RI dengan melakukan prosesi pelantikan sebagai "anggota DPD Kidzone" dapat menambah pengetahuan, wawasan, dan pengenalan lebih jauh terhadap lembaga DPD RI.(*)

(T.R024/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011