sudah menjadi titik awal kebangkitan kebaharian Indonesia yang perlu kita dukung dan banggakan...
Kupang (ANTARA News) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTT, Abraham Klakik, mengatakan, sebanyak 16 negara di di dunia dipastikan akan mengikuti Sail Indonesia 2011 yang akan berlangsung 23 Juli hingga September 2011.

"Ke-16 negara yang dimaksud diantaranya adalah Australia, Belgia, Kanada, Finlandia, Prancis, Jerman, Belanda, New Zraland, Afrika Selatan, Swedia, Swias, Inggris, Amerika Serikat dan Irlandia," katanya di Kupang, Kamis terkait dengan persiapan akhir NTT menyambut kedatangan peserta Sail itu.

Ia mengatakan jumlah kapal yang menjadi peserta dalam Sail Indonesia 2011 mencapai 109 kapal dan merupakan terbanyak kedua setelah pada 2009 jumlahnya mencapai 127 kapal.

"Ini merupakan terbanyak kedua setelah 2009 selama pelaksanaan Sail Indonesia yang telah berlangsung selama delapan tahun berturut tanpa terhenti, sehingga diharapkan sudah menjadi titik awal kebangkitan kebaharian Indonesia yang perlu kita dukung dan banggakan," katanya.

Ia menyebut 109 kapal peserta gelaran itu tersebut berasal dari Australia 35 unit kapal, Belgia dua kapal, Kanada delapan kapal, Finlandia satu kapal, Prancis sembilan kapal, Jerman empat kapal, Belanda dua kapal dan Selandia Baru empat kapal.

Masyarakat Indonesia, termasuk NTT, terutama para pengelola jasa Pariwisata dan lembaga terkait lainnya harus menjadikan Sail Indonesia ke-IX sebagai lokomotif pengembangan wisata bahari di NTT, karena dunia mengharapkan perubahan lebih daripada sekedar pagelaran tahunan.

Ia mengatakan, Sail merupakan salah satu program/kegiatan Nasional yang telah dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah pusat sejak 3 tahun yang lalu dengan nama Sail Indonesia.

Pada 2009, Sail Indonesia dilaksanakan secara terpusat di Manado - Sulawesi Utara yang dikenal dengan Sail Bunaken dan pada 2010 dilaksanakan di Ambon, Maluku dengan nama Sail Banda dan pada 2011 akan dilaksanakan di Sulawesi Tenggara dengan nama Sail Wakatobi-Belitung.

Menurut dia, Provinsi NTT merupakan salah satu provinsi/daerah destinasi unggulan pariwisata yang diminati para sailer/wisatawan mancanegara, sehingga pada pelaksanaan setiap tahun, NTT menjadi tempat persinggahan para wisman yang jumlahnya makin meningkat dari tahun ke tahun.

Karena itu, katanya sejak 2009 NTT menggelar Sail Indonesia di Provinsi NTT dengan nama Sail FLOBAMORA atau akronim dari Flores, Sumba, Timor dan Alor.

"Dan apabila berkenan dan usulan kita ke pemerintah pusat melalui Menko Kesra dan Kementerian terkait diterima untuk ditetapkan oleh Presiden Susilo Yudhoyono, maka pada 2013 NTT menjadi tuan rumah Sail, maka kita mencanangkan sail itu dengan nama Sail Komodo.

Sehubungan dengan itu, perlu koordinasi, kerja sama dan komitmen yang baik semua pihak di wilayah ini, guna membangun dalam rangka menyukseskan Sail Flobamora 2011, diharapkan dapat meletakkan satu dasar yang akan menjadi ukuran bagi NTT, ketika akan melaksanakan Sail Komodo pada 2013. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011