Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menyatakan kesiapannya untuk menggelar pertandingan cabang anggar untuk SEA Games pada November 2011.

"Saat ini kita terus melakukan renovasi agar seusai dengan standar yang telah ditentukan," kata Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di sela-sela Kejuaraan Nasional Anggar di Balairung UI Depok, Kamis.

Ia mengatakan, kapasitas penonton di Balairung UI tersebut mencapai 5.000 orang yang berada di tribun. Sebelum dilakukan pertandingan SEA Games, katanya, asosiasi anggar internasional akan mengecek langsung persiapan tersebut.

"Kita yakin tempat pertandingan anggar di Balairung memenuhi standar," katanya.

Menurut dia, Balairung tersebut tempatnya tidak kalah dengan tempat pertandingan Asian Games 2010 di China. "Kita mempunyai tempat yang luas untuk pertandingan dan juga lahan parkir yang memadai," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Balairung UI terpilih menjadi tempat pertandingan anggar setelah dilakukan survei dan dinyatakan layak untuk pertandingan tersebut.

"Fasilitas yang baik tentunya tidak bisa dipenuhi oleh semuanya di Istora," ujarnya.

Gumilar juga memastikan bahwa pertandingan anggar SEA Games tersebut tidak akan menganggu kegiatan belajar mengajar di kampus UI. "Letaknya kan jauh dari kelas jadi tak akan menganggu," ujarnya.

Ia berharap dalam pertandingan tersebut Indonesia akan bisa membawa pulang tiga medali emas. "Saya yakin tiga emas akan kita raih, tentunya akan kami beri dukungan sepenuhnya agar atlet kita bertanding secara maksimal," katanya.

Nantinya dalam acara pembukaan para mahasiswa UI akan berpartisipasi dengan melantunkan lagu kebangsaaan dan juga lagu tradisional masing-masing negara.

Anggar, kata Gumilar merupakan cabang olahraga pertama yang masuk kampus untuk itu ia mengharapkan, cabang olahraga lain dapat mengikutinya.

Dikatakannya cabang olah raga lainnya yang bisa dikembangkan di kampus yaitu atletik, bulu tangkis, bola voli, basket, futsal, renang, sepak bola dan hoki.

"Kalau terus dikembangkan kita harapkan bisa berprestasi bukan saja ditingkat asia tenggara tetapi juga dunia," katanya.

Gumilar juga menjelaskan ke depannya UI akan membangun stadion yang berstandar internasional dengan kapasitas penonton mencapai 30 ribu. Stadion tersebut akan dilengkapai dengan kolam renang, inddor sation untuk basket, voli bulutangkis dan lainnya.(*)
(T.F006/T009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011