Mataram (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan posko pelayanan masyarakat untuk mendukung kelancaran perhelatan MotoGP Mandalika 2022.

Kepala Polresta Mataram Komisaris Besar Polisi Heri Wahyudi di Mataram, Jumat, mengatakan, keberadaan posko pelayanan ini sebagai bentuk atensi kepolisian mengingat Kota Mataram akan menjadi salah satu daerah penyangga strategis dari berlangsungnya ajang balap kelas dunia tersebut.

"Jadi kami nantinya akan menyiapkan tiga posko dengan kelengkapan pelayanan untuk masyarakat, baik kesehatan maupun informasi," kata Heri.

Lebih khusus lagi, posko ini untuk mempermudah para tamu dari luar NTB mendapatkan informasi terkait kegiatan olahraga ekstrim tersebut.

Baca juga: Kakorlantas Polri cek kesiapan Sirkuit Mandalika jelang MotoGP 2022

"Tentunya mereka yang asing masuk ke daerah kita butuh informasi. Itulah nantinya petugas di posko yang nantinya akan melayani mereka," ujarnya.

Heri pun memastikan, pihaknya akan menempatkan tiga posko pelayanan ini di areal yang strategis dan mudah untuk diakses oleh masyarakat.

Posko pertama di wilayah Tembolaq Pelangi, di Jalan Bypass BIL II. Konstruksi Ikon Kota Mataram dengan arsitekturnya menyerupai alat tudung saji itu berada di garis perbatasan wilayah dengan Kabupaten Lombok Barat.

Kedua, di simpang empat bundaran pancuran yang berada di wilayah Karang Jangkong. Titik tersebut kerap dijadikan sebagai lokasi penempatan posko karena letaknya strategis di pusat perkotaan.

Terakhir di pos polisi Jalan Udayana, Kota Mataram. Lokasi ini dekat dengan Eks Bandara Selaparang yang nantinya akan menjadi salah satu pintu koridor tempat perhentian "shuttle bus" yang akan mengantarkan penonton masuk menuju kawasan Mandalika.

Untuk lebih memperkuat kelancaran kegiatan MotoGP pada 18-20 Maret 2022, Polresta Mataram tidak lupa untuk terus menggeliatkan kegiatan vaksinasi COVID-19 dengan mengaktifkan gerai suntik vaksin di pusat keramaian, seperti di mal dan taman warga.

"Tujuannya agar 'herd immunity' tetap terjaga," ujarnya.

Selain itu, Polresta Mataram juga tidak lupa dengan peran utamanya dalam hal pengamanan. Heri pun memastikan, kini pihaknya tengah menggeliatkan patroli lapangan untuk menekan angka kriminalitas menjelang perhelatan MotoGP 2022.

"Kita berharap semuanya nanti bisa berjalan sesuai rencana yang kita harapkan," kata Heri.

Baca juga: Anggota Polres Lombok Tengah dilatih bahasa Inggris dukung MotoGP
Baca juga: Dinas NTB: Ada 278 bus gratis untuk penonton MotoGP Mandalika

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022