Capaian vaksinasi di Kembangan, masih berada di posisi ke 15 dari 44 kecamatan di DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 20.559 orang warga Kecamatan Kembangan Jakarta Barat sudah menerima vaksin ketiga atau "booster" yang disediakan Puskesmas kecamatan setempat.

Camat Kembangan, Joko Mulyono, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, mengatakan, dari jumlah 20,599 orang tersebut, adalah 226.686 orang atau 9,07 persen
adalah warga yang harus menerima vaksin "booster".

"Capaian vaksinasi di Kembangan, masih berada di posisi ke 15 dari 44 kecamatan di DKI Jakarta," katanya.

Menurut Joko, butuh waktu untuk melaksanakan vaksinasi "booster" kepada seluruh warga Kembangan yang memenuhi syarat, karena harus ada tiket dari aplikasi PeduliLindungi sebelum divaksin.

"Karena itu, proses penyebaran vaksinasi tahap tiga agak lambat, tapi kami tetap berupaya mempercepat penyebaran vaksin 'booster'," katanya.

Baca juga: 2.000 warga ikut vaksinasi massal di sekolah kawasan Kembangan

Salah satu upaya yang dilakukan yakni, membangun gerai vaksin di beberapa lokasi. Pihak swasta juga dirangkul agar terlibat dalam pembangunan gerai vaksin tersebut.

Sejauh ini, tercatat ada 22 gerai vaksin yang tersedia di Kecamatan Kembangan. Gerai vaksin tersebut tersebar di Puskemas hingga pusat perbelanjaan.

Dua mal di kecamatan tersebut, yakni Lippo Mall dan Puri Indah Mall, masih membuka gerai vaksin hingga saat ini. Banyak warga yang disuntik vaksin "booster" di pusat perbelanjaan.

"Kemarin di Lippo Mall saat hari pertama mempersiapkan seratus dosis vaksin. Kemudian karena antusias warga tinggi jadi minta tambah 300 dosis per hari," kata Joko.

Baca juga: Dua artis ajak warga ikut "Vaksinasi Merdeka" di Kembangan
Baca juga: Kecamatan Kembangan terbanyak kasus COVID-19 di Jakbar

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022