Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Batu berupaya mendorong peningkatan budaya literasi warga dengan meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan dan Pengukuhan Bunda Literasi Kota Batu, Jumat (4/2).

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat, mengatakan literasi merupakan salah satu kunci untuk menciptakan generasi unggul, berkualitas dan maju khususnya di wilayah Kota Batu.

"Ketersediaan sarana perpustakaan dan koleksi bahan bacaan menjadi salah satu hal yang penting. Literasi menjadi kunci untuk menciptakan generasi yang unggul," kata Dewanti.

Baca juga: Pj Sekdaprov Jatim sarankan gerakan literasi jadi program bersama

Dewanti menjelaskan dengan diresmikannya Gedung Layanan Perpustakaan pada Gedung Perpustakaan Umum Kota Batu di Jalan Kartini tersebut, diharapkan banyak didatangi oleh warga yang nantinya bisa memberikan manfaat berkelanjutan.

Diharapkan, lanjutnya, dengan adanya Gedung Layanan Perpustakaan tersebut bisa menjadi wadah warga Kota Batu untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi warga Kota Wisata tersebut.

"Dengan adanya gedung ini, semoga perpustakaan mampu mengembangkan inovasi dan kreativitasnya, dan semoga masyarakat lebih banyak yang datang ke perpustakaan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan literasi untuk generasi muda merupakan salah satu hal penting. Perpustakaan, saat ini hendaknya tidak ada lagi deretan buku-buku tua.

Ia menambahkan perpustakaan saat ini akan diisi teori ilmu perpustakaan abad 18 sebanyak sepuluh persen, teori ilmu perpustakaan yang tumbuh pesat pada abad 19 sebanyak 20 persen dan teori ilmu perpustakaan yang relevan saat ini sebanyak 70 persen.

Baca juga: Transformasi perpustakaan dukung pelaksanaan MBKM

Baca juga: Perpusnas mutakhirkan data profil perpustakaan Indonesia


"Betapa banyak buku yang ada di masyarakat yang butuh untuk diimplementasikan. Tugas kita saat ini adalah mencerdaskan kehidupan anak bangsa, menyejahterakan anak bangsa, melindungi NKRI dan melaksanakan ketertiban dunia," katanya.

Saat ini, jumlah perpustakaan di Kota Batu, Jawa Timur sebanyak 146 unit yang terdiri atas perpustakaan daerah, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Desa/Kelurahan, sekolah, termasuk milik masyarakat dan keluarga.

Tercatat, secara keseluruhan dari 146 unit perpustakaan yang tersebar di wilayah Kota Batu tersebut memiliki jumlah koleksi bahan pustaka sebanyak 34.300 eksemplar dan 4.800 buku elektronik.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022