Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Maluku menggelar Forum Bisnis dan Investasi yang mempertemukan sejumlah investor dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini turut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Wakil Menteri Investasi serta perwakilan Kementerian Pertanian di Hotel Sheraton Makassar, Sabtu.

Baca juga: Gandeng Universitas Dongguk, IBI Kesatuan Bogor gelar Asia E-Forum

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, Forum Bisnis dan Investasi ini merupakan kegiatan besar pertama yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Maluku.

Sulsel dipilih sebagai lokasi pelaksanaan, karena merupakan pusat kawasan bisnis dan perdagangan terbesar di Kawasan Timur Indonesia.

"Saya berharap kerja sama antara Maluku dan Sulsel bisa memberikan akselerasi bagi kedua pihak," ujarnya saat membuka Forum Bisnis dan Investasi.

Baca juga: Jatim menumbuhkan ekonomi melalui "Bussines Forum-One on One Meeting"

Pada kesempatan tersebut, Murad menyampaikan akan memberikan kemudahan kepada pengusaha yang ingin berinvestasi di Maluku.

"Saya yakin, daerah akan maju jika banyak pengusaha yang berinvestasi didalamnya. Lapangan kerja akan terbuka, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat juga pendapatan daerah," kata Murad.

Baca juga: Tarik investor, Kemenko Perekonomian adakan forum bisnis di Dubai Expo

Sementara, Staf Ahli Pemprov Sulsel Bidang Kesejahteraan Rakyat Jayadi Nas mengungkapkan wilayah Sulsel sangat strategis dan punya potensi unggulan di berbagi sektor. Mulai dari pertanian, perikanan dan kelautan, pariwisata, dan sumber daya alam lainnya.

"24 kabupaten/kota di Sulsel memiliki potensi investasi yang menjanjikan. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan iklim investasi yang kondusif," ujarnya.

Baca juga: FEB jadikan munas ajang tularkan transformasi digital bagi BUMN

Jayadi menuturkan Sulsel memiliki Mal Pelayanan Publik untuk memberikan kemudahan, percepatan, keterjangkauan, bagi para investor. Sistem kami juga bisa memangkas waktu dan biaya," imbuhnya.

Ia berharap kerjasama antara Sulsel dan Maluku bisa saling menguntungkan. Saat ini, Sulsel bisa melakukan ekspor komoditi secara langsung ke luar negeri.

"Makassar bisa menjadi hub pengiriman atau ekspor daerah lain. Kita bergotong royong membangun ekonomi daerah di masa pandemi," kata Jayadi.

Baca juga: Forum Bisnis Aceh tarik minat investor di Expo 2020 Dubai

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022