Jakarta (ANTARA News) - Lokasi pertandingan atau venues cabang olahraga sepak bola SEA Games (SEAG) 2011, 11-22 November nanti yang semula di Palembang dipindah ke Jakarta karena terkendala masalah lapangan.

Ketua Panitia Nasional SEA Games 2011 atau INASOC, Rita Subowo di Jakarta, Senin mengatakan, keputusan pemindahan lokasi pertandingan dilakukan setelah ada pengajuan dari panitia lokal.

"Palembang akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan sehingga lapangan yang ada telah dipenuhi dengan peralatan seremonial yang sulit di bongkar pasang dalam waktu singkat," katanya di sela Technical Delegate Meeting di di Hotel Sultan Jakarta.

Menurut dia, sebelum diputuskan pemindahan lokasi pertandingan, INASOC terlebih dahulu meninjau beberapa lokasi alternatif dan ada di ibukota Sumatra Selatan itu. Hanya saja lokasi yang ada kurang mendukung untuk pertandingan besar.

Salah satu lapangan yang ditinjau oleh INASOC adalah Stadion Sriwijaya. Stadion itu berada ditengah kota Palembang dan digunakan untuk pertandingan sebelum Stadion Jakabaring ada.

"Rencana pemindahan itu muncul setelah Palembang ditetapkan sebagai lokasi pembukaan dan penutupan. Tapi semuanya tidak ada masalah," katanya menambahkan.

Rita menjelaskan, dengan adanya pemindahan maka semua pertandingan sepak bola dilakukan di Jakarta. Sebelumnya untuk cabang sepak bola dipertandingkan didua tempat yaitu Palembang dan Jakarta.

Dengan dipindahkan ke Jakarta maka lokasi yang berpeluang besar untuk menggelar pertandingan sepak bola adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta. Hany saja hingga saat ini belum diputuskan.

"Bisa di Gelora Bung Karno bisa juga di Lebakbulus. Semuanya tergantung keputusan tachnical delegate," kata wanita yang juga Ketua Umum KONI/KOI itu.

Sesuai dengan rencana, 33 technical delegate dari negara-negara ASEAN akan meninjau langsung lokasi pertandingan baik di Jakarta maupun Palembang.

Setelah meninjau lokasi pertandingan, kata Rita, perwakilan akan memberikan masukan kepada INASOC terkait dengan hasil penilaiannya akan lokasi pertandingan yang dilihat secara langsung.

"Tanggal 27 nanti hasil tinjauan akan dibahas lagi," katanya menegaskan.

SEA Games XXXVI di Jakarta dan Palembang yang akan diikuti 11 negara-negara ASEAN akan mempertandingkan 42 cabang olahraga. Dari cabang olahraga itu terbagi atas 51 nomor yang dipertandingkan.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011