Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Universitas Bangka Belitung (UBB) pada tahun akademik 2022/2023 membuka delapan program studi (prodi), baik jenjang S1 maupun S2 untuk mempermudah dan memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat Indonesia sesuai kebutuhan.

Rektor UBB, Ibrahim di Sungailiat, Senin, mengatakan delapan prodi yang akan dibuka pada tahun 2022, yakni lima untuk jenjang sarjana strata 1 (S1) dan tiga Program Magister (S2).

Baca juga: Gubernur Babel dukung pendirian Fakultas Kedokteran UBB

Baca juga: PT Timah dan UBB teliti tanaman endemik Babel


Dia mengatakan jenjang S1 terdiri dari atas prodi Arsitektur, Bisnis Digital, Perencanaan Wilayah Kota, Teknologi dan Informasi, serta Perikanan Tangkap, sedangkan di luar program studi kedokteran yang saat ini sedang dalam tahap proses.

"Untuk program Magister prodi baru kami sedang disiapkan Fakultas Hukum, Manajemen, dan Pertanian. Penerimaan mahasiswa pada prodi yang baru dibuka tersebut, sudah bisa dilalukan di tahun ini," ujarnya.

Terdata mahasiswa UBB mencapai 5.800 orang dengan rata-rata jumlah mahasiswa yang diterima 1.700 orang per tahun.

Ibrahim meyakini dengan adanya prodi baru ini, membuat UBB akan semakin kuat ke depannya. "Kami menargetkan selama empat sampai lima tahun ke depan, UBB memiliki 10 ribu mahasiswa dan berharap dengan adanya prodi baru ini bisa menerima 2.500 mahasiswa per tahun," kata Ibrahim.

Baca juga: Stafsus Presiden selenggarakan vaksinasi COVID-19 bagi mahasiswa UBB

Pewarta: Kasmono
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022