Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) menyediakan beasiswa pendidikan hingga Rp2 miliar yang diperuntukkan bagi 100 siswa yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.

“Beasiswa ini meliputi biaya studi, bahan ajar, dan lainnya untuk durasi hingga delapan semester,” ujar Rektor UT, Prof Ojat Darojat, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Sebanyak 100 kuota beasiswa tersebut yang terdiri dari 50 kuota untuk program studi S1 Agribisnis dan sebanyak 50 kuota untuk program studi S1 Akuntansi Keuangan Publik. Pada 2022, beasiswa tersebut diperuntukkan khusus untuk Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Semarang dan Purwokerto, dengan kuota masing-masing 25 beasiswa untuk calon mahasiswa program studi Agribisnis dan 25 beasiswa untuk calon mahasiswa program studi Akuntansi Keuangan Publik.

Baca juga: Rektor UT: Pandemi dorong kampus beri konten pembelajaran menarik

“Pemberian beasiswa ini merupakan program rutin yang diselenggarakan UT sejak 2020. Pada 2020, beasiswa diberikan pada 100 mahasiswa program studi S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Pendidikan di UPBJJ-UT Jakarta dan Serang,” terang dia.

Kemudian pada 2021, kemudian dialokasikan bagi 100 mahasiswa di UPBJJ-UT Bogor dan Bandung khusus program studi S1 Ekonomi Syariah dan S1 Bahasa Inggris.

“Jumlah peminat pada 2021 cukup banyak yakni sebanyak 273 mahasiswa, sehingga diperoleh seleksi ketat untuk mendapatkan jumlah sesuai kuota sebanyak 100 orang,” jelas Ojat lagi.

Ojat menambahkan jika dijumlahkan beasiswa yang diberikan, UT telah mengalokasikan dana Rp6 miliar untuk beasiswa SNMPTN. Ada beberapa hal yang mendorong UT untuk ikut bergabung dalam SNMPTN yakni strategic player dalam menyiapkan SDM unggul, kapasitas dan keuntungan kompetitif yang dimiliki harus menjadi instrumen strategis pemerintah dalam meningkatkan perluasan akses pendidikan tinggi termasuk bagi para lulusan SMA yang punya prestasi.

“UT tampil sebagai solusi dalam memberikan layanan pendidikan tinggi yang bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.”

Ke depan, Ojat berharap UT semakin dapat diterima dan dicintai semua kalangan. Selain beasiswa SNMPTN, UT juga menggelontorkan beasiswa KIP Kuliah, beasiswa CSR, beasiswa penyandang tuna netra, beasiswa atlet dan mahasiswa berprestasi , program relaksasi UKT bagi mahasiswa terdampak COVID-19 dan bencana alam. Total beasiswa yang disalurkan pada 2021, mencapai angka Rp37 miliar.***3***

Baca juga: UT gandeng Pemkab Nias Barat perluas akses pendidikan tinggi di 3T

Pewarta: Indriani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022