mengurangi dampak penuaan dari sisi kerutan pada wajah
Banjarnegara (ANTARA) - Teknik akupunktur bisa menjadi salah satu alternatif bagi pria maupun wanita yang mendambakan wajah cerah atau glowing, kata praktisi akupunktur dr. Syarif Hadi.

"Kurang cerahnya wajah disebabkan berbagai macam, bisa karena aliran darah di wajah tidak lancar, energi chi kurang mengalir dengan baik, atau lainnya. Untuk memperlancar aliran darah di wajah itu salah satunya dapat menggunakan akupunktur," katanya di Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa.

Dokter yang praktik di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara itu mengatakan akupunktur merupakan sebuah perawatan kesehatan dari Tiongkok dan biasanya dipilih oleh orang-orang sebagai alternatif dari perawatan medis.

Menurut dia, cara yang digunakan dalam akupunktur terbilang unik karena dilakukan dengan menusukkan jarum pada titik-titik tubuh tertentu.

Baca juga: Akupuntur medik bisa bantu atasi gangguan tidur
Baca juga: Legislator: akupuntur medis dijamin BPJS Kesehatan

Dalam akupunktur kecantikan, kata dia, salah satunya ditusukkan pada titik pertemuan otot, sehingga menyebabkan peradangan lokal yang nantinya mampu membuat relaksasi pada otot.

"Dari situ, berfungsi untuk mengurangi dampak penuaan dari sisi kerutan pada wajah serta melancarkan peredaran darah. Demikian pula penusukan pada jerawat ditujukan untuk membuat peradangan di titik jerawat agar melancarkan aliran darah, oksigen, dan energi," katanya.

Kendati demikian, dia mengakui dalam penanganan jerawat, penusukan bukan hanya di titik jerawat namun ada pula di area kaki dan tangan.

Lebih lanjut, Syarif mengatakan tujuan lain dari akupunktur adalah untuk peremajaan kulit dan merangsang nutrisi agar normal.

"Untuk mencerahkan wajah atau glowing, tekniknya adalah penusukannya dilakukan pada titik saraf dan otot yang diharapkan ada efek kontraksi atau berkedut sensasinya. Dengan efek berkedut tersebut, layaknya olah raga muka, sehingga otot bergerak dan menimbulkan efek cerah," katanya.

Baca juga: Akupuntur Dipilih Untuk Obati Penyakit Menahun, Tingkatkan IQ
Baca juga: Pengusaha DIY kembangkan pariwisata medis

Menurut dia, efek dari akupunktur ada yang langsung dan ada pula yang permanen. Dalam hal ini, efek langsung biasanya akan terasa setelah penusukan, sedangkan yang permanen biasanya setelah beberapa kali datang untuk melakukan akupunktur.

"Bisa langsung terasa efeknya, bisa juga dilakukan beberapa kali untuk hasil maksimal. Ini bagus dilakukan oleh para sosialita dan ingin merawat wajah dengan hasil maksimal," kata dia menjelaskan.

Ia mengakui saat menjalani akupunktur akan ada rasa sakit akibat tusukan meskipun sakitnya tidak seberapa yang muncul dari proses peradangan itu sendiri.

Menurut dia, sensasi yang dirasakan dari akupunktur seperti terkena setrum namun kejutannya sangat kecil. 

Baca juga: Akupuntur Bisa Sebarkan Hepatitis dan AIDS
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022