Jakarta (ANTARA) - Perubahan pola makan dan minum, waktu tidur, dan aktivitas fisik selama berpuasa dapat mempengaruhi kondisi kulit, termasuk kulit wajah.

Kulit wajah bisa menjadi kering, kusam, dan tampak lelah karena menurunnya konsumsi cairan serta perubahan pola makan, tidur, dan aktivitas fisik.

Aqua+ Series melalui keterangan persnya pada Jumat membagikan tiga kiat berikut untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan cerah selama berpuasa.

1. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein dari ikan atau kacang-kacangan dapat membantu regenerasi sel kulit dan membuat wajah menjadi lebih cerah.

Selain mengonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan, minum masing-masing tiga sampai empat gelas saat sahur dan buka puasa dapat membatu mencegah kulit wajah menjadi kusam.

Sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan yang berminyak, pedas, dan mengandung banyak lemak serta makanan manis pada saat sahur maupun berbuka puasa.

2. Istirahat cukup

Selama menunaikan ibadah puasa waktu untuk tidur malam umumnya berkurang karena harus bangun lebih awal untuk sahur. Oleh karena itu, sebaiknya mengupayakan tubuh bisa istirahat cukup dengan segera tidur selepas shalat tarawih agar tubuh lebih segar saat bangun.

3.  Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Produk perawatan kulit bisa membantu menjaga kulit tetap sehat dan cerah. Menggunakan pelembab setiap hari, pagi hari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur malam, dapat membantu menjaga kulit tetap lembab.

Bagi yang membutuhkan, penggunaan retinol dapat membantu memperbaiki kondisi pori-pori dan merangsang pembentukan kolagen pada kulit.

Baca juga: Lima langkah mengatasi kulit wajah yang terlihat lelah
Baca juga: Enam kiat mengatasi kulit wajah kering


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024