Yogyakarta (ANTARA) - Kapolda DIY Irjen Pol. Asep Suhendar memberikan penghargaan kepada 29 polisi pengungkap jaringan pengedar narkoba lintas provinsi dan ladang ganja seluas dua hektare di Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Seluruh penerima penghargaan merupakan anggota dari Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda DIY.

"Kami lihat jajaran Ditresnarkoba sudah menunjukkan prestasi yang menurut saya membanggakan," kata Asep Suhendar saat apel sekaligus upacara pemberian penghargaan di Mapolda DIY, Rabu.

Baca juga: Kapolda akan beri penghargaan bagi polisi yang ditabrak bandar narkoba

Pemberian penghargaan itu, menurut dia, sebagai bentuk apresiasi pimpinan kepada anggota yang berprestasi dan diharapkan memotivasi personel lainnya dalam melaksanakan tugas.

"Saya berikan piagam penghargaan mudah-mudahan nanti bermanfaat untuk karier selanjutnya," kata dia.

Selain mendapat piagam penghargaan, Asep berharap para polisi berprestasi itu nantinya mendapatkan pembinaan karier yang lebih baik berdasarkan asesmen atau penilaian dari tim yang dipimpin Wakapolda DIY.

Baca juga: Polda DIY ungkap dua hektare ladang ganja

"Harapan saya mudah-mudahan ini bisa terwujud. Anggota yang berprestasi tentu berbeda dengan anggota yang biasa-biasa saja. Karena sudah menunjukkan prestasi ya wajar mendapatkan 'reward'," ujar Asep.

Sejumlah personel Polda DIY yang menerima penghargaan di antaranya Direktur Ditresnarkoba Polda DIY Kombes Pol Adhi Joyokusumo, Wadirresnarkoba AKBP Bakti Andriyono selaku Pengendali Operasi, Kompol Sodikin Fahrojin (Wakil Pengendali Operasi), AKBP Mardiyono (Kepala Tim Lidik), dan AKBP Erma Wijayanti Yusriana (Kepala Tim Sidik).

Baca juga: Penanam ganja di Taman Nasional Gunung Leuser terancam hukuman mati

Seperti diwartakan, jajaran Ditresnarkoba Polda DIY menangkap sejumlah pelaku jaringan pengedar ganja skala nasional dengan barang bukti 82 kg ganja kering siap edar.

Jaringan itu beroperasi di Aceh-Medan-Bandung-Bogor-Yogyakarta.

Dari hasil penangkapan itu, Polda DIY melakukan pengembangan dan berhasil mengungkap keberadaan ladang ganja seluas 2 hektare di Kabupaten Gayo Lues, Aceh yang ditanami 20.000 pohon ganja.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022