Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Kepala Tim senior Filipina Michael Weiss juga akan menangani persiapan Tim U-23 Filipina yang akan tampil di SEA Games 2011 di Indonesia.

Filipina sendiri mengincar medali cabang sepak bola pertama mereka di ajang multi event ke-26 yang berlangsung pada bulan November 2011 ini, dikutip dari situs resmi AFF, Rabu.

Menurut Weiss, Tim muda Filipina itu akan menjalani pelatihan secara terbuka selama empat minggu latihan menjelang SEA Games - termasuk tur ke kawasan Teluk untuk sejumlah pertandingan eksibisi.

"Untuk yang pertama, kami butuh istirahat. Kami membutuhkan mental dan fisik yang prima. Pemain telah banyak mengorbankan banyak hal di beberapa bulan ini. Mungkin kondisi mereka turun tetapi mereka telah melakukan bermain dengan baik melawan tim peringkat 100 besar dunia. Saya tidak ingin terlalu memuji mereka tapi mereka memberikan yang terbaik dan itu tidak cukup menuntun kita menuju kemenangan," kata pelatih asal Jerman ini.

Weiss yang menggantikan pelatih Simon McMenemeny ini gagal membawa Filipina ke putaran tiga Pra Piala Dunia 2014 setelah kalah dengan agregat 1-5. Sebagian pemain junior Filipina jugua bergabung dalam tim senior.

Walaupun kalah, Ketua Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) Mariano Araneta Jr mengatakan, tim diagendakan akan mengikuti turnamen Long Teng Cup di Taiwan pada September 2011, dengan bertemu Hong Kong, Macau dan tuan rumah Taiwan.

Sebulan berikutnya, PFF akan menjadi tuan rumah empat negara yakni melawan Malaysia dan Singapura serta satu negara lagi Thailand atau Vietnam.

Sementara Timnas U-23 Indonesia ditangani Pelatih Kepala Rahmad Darmawan dan dibantu Widodo C Putra dan Aji Santoso, akan memulai tugasnya sejak Selasa (2/8) di Batu Malang, untuk menempa 24 pemain yang telah dipilih atau diseleksi pada Sabtu lalu.

Rahmad sendiri yang telah menyeleksi 24 orang pemain masih memiliki "stok" enam orang pemain dalam skuad Timnas Senior.

Mereka adalah Oktovianus Maniani, Egi Melgiansyah, Ferdinand Sinaga, Irfan Bachdim, Kurnia Meiga dan Gunawan Dwi Cahyo.

Sedangkan anggota Pelatnas U-23 Indonesia adalah:

-Kiper: Rifky Mokodompit (Persita), Andretani Adyaksa (Persija), Johan Angga Kusuma (Persijap).

-Pemain Belakang: Abdurrahman (Pelita Jaya), Ngurah Wahyu Trisnsjaya (Persija), Septyahadi (PSPS), Irfan Raditya (Arema), Joko Sidik (Bontang FC), Stevie Bonsapia (Persipura), Hasyim Kipuw (Persija), Hendro Siswanto (Persela).

-Pemain Tengah: Johan Juansyah (Persijap), Joko Sasongko (Pelita Jaya), Mahardika Lasut (Sriwijaya FC), Juned Hardianto Wibowo (Solo FC), Dendi Santoso (Arema), Ramdani Lestaluhu (Persija), Kim Jeffry Kurniawan (Persema), Zulham Zamrun (Persela).

-Pemain Depan: Yongky Aribowo (Arema), Titus Bonai (Persipura), Jajang Mulyana (Sriwijaya FC), Lucas Mandowen (Persipura), dan Fauzi Rishaldi (Persita).
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011