Jakarta (ANTARA) - Dalam beberapa tahun terakhir, generasi milenial dan generasi Z yang sekarang berada di rentang usia 20 hingga 40 tahun semakin banyak yang memutuskan untuk memasuki tahap baru kehidupan yaitu mengambil keputusan untuk menikah.

Setelah sibuk menyiapkan perencanaan untuk pesta dan resepsi pernikahan sebelum resmi menjadi suami istri, ternyata sesudah proses itu ada hal penting dan perlu dijadikan prioritas bahasan oleh pasangan yang baru menikah.

Salah satu hal yang wajib dibahas untuk para pasangan baru itu adalah mengatur keuangan mengingat dua jenis generasi ini seringkali berada dalam tekanan "Sandwich Generation".

Seringkali pembahasan mengatur keuangan terlupakan dan hanya dibebankan pada istri, padahal masalah ini harus dibahas bersama-sama karena rumah tangga dibangun atas kepercayaan relasi antar-dua orang.

Baca juga: Tips atur keuangan selama Ramadhan di tengah pandemi

“Yang tadinya sebelum menikah hanya ada pengeluaran pribadi, sekarang juga harus mikirin pengeluaran rumah tangga. Belum lagi saat nanti punya anak, harus memperhitungkan kebutuhan anak juga," kata perencana keuangan bersertifikat Annisa Steviani dikutip dari siaran pers Bank Jago, Senin.

Untuk menghindari konflik akibat kurangnya perencanaan keuangan bagi pasangan baru menikah, Annisa membagikan beberapa kiat mengatur keuangan dan mungkin bisa diterapkan dan dilakukan di hari Kasih Sayang yang jatuh di 14 Februari ini.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022