Jakarta (ANTARA News) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyatakan biaya pengobatan bagi Ratna Ningsih, warga Cibubur yang sekujur tubuhnya mengalami bintik kemerahan seperti lukar bakar akibat alergi obat, akan ditanggung oleh pemerintah.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Dien Emawati, di Jakarta, Jumat, mengatakan biaya pengobatan Ratna Ningsih akan ditanggung oleh Dinkes DKI Jakarta melalui Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan.

"Kondisi Ratna Ningsih saat ini sudah mulai membaik, tekanan darah berangsur normal dan kulit melepuh serta pembengkakan matanya mulai berkurang. Kini yang bersangkutan juga sudah dapat melihat kembali," katanya.

Ratna Ningsih sendiri saat ini sedang menjalani perawatan di RS UKI Cawang, Jakarta Timur.

Dikatakan, penyakit yang diderita Ratna Ningsih merupakan alergi obat yang terjadi sebagai reaksi tubuh terhadap obat-obatan yang dikonsumsi pasien. "Ini dapat disembuhkan dengan penanganan yang cepat," katanya.

Dien menambahkan, pasien telah dipindahkan ke ruangan tersendiri dengan kondisi kooperatif sejak Jumat pagi.

Dien menjelaskan, Ratna Ningsih mulai mengalami sakit pasca mengonsumsi obat kedua kali selang waktu dua jam yang ditandai di sekujur tubuhnya bermunculan bintik merah.

"Keesokan pagi Ratna berobat di salah satu klinik diberikan obat anti alergi, tapi bintik kemerahan malah bertambah banyak. Pasien kemudian dibawa ke RS Pusat Pendidikan Kesehatan Kramat Jati untuk kemudian dirujuk untuk berobat di RSCM," katanya.

Namun, oleh pihak keluarga, Ratna Ningsih akhirnya dilarikan ke RS UKI Cawang dan masih menjalani perawatan hingga saat ini.  (ANT306/R021/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011