Pontianak (ANTARA News) - Kota Pontianak menjadi proyek percontohan program Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang diluncurkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Barat pada akhir Juli 2011.

"Alhamdulillah, proyek percobaan kami di Kota Pontianak sudah terbentuk dan saat ini sedang membuat divisi-divisi untuk pembentukan sebuah keluarga yang kokoh dan harmonis," kata Ketua Bidang Perempuan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Kalbar, Laili Asri, di Pontianak, Minggu.

Menurut Laili, RKI merupakan sebuah pusat pelayanan konsultasi keluarga yang dikelola oleh struktur PKS.

"RKI menyediakan konselor keluarga, forum diskusi terkait persoalan keluarga, program yang menggugah kesadaran masyarakat khususnya keluarga Indonesia untuk keutuhan dan harmonisasi keluarga, dan kegiatan-kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas keluarga," jelasnya.

Saat ini, kata dia, sudah terdaftar sebanyak 50 anggota keluarga se-Kota Pontianak yang bergabung dalam RKI.

"Kami nantinya akan memilih dan memilah mereka lagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan hobi mereka, yang nantinya akan terbentuk semacam sebuah kelompok keluarga," ungkap Laili.

Dengan begitu, lanjut dia, masing-masing kelompok dapat berbicara dan saling bertukar pikiran mengenai masalah dalam keluarganya masing-masing.

"Teknisnya nantinya akan dibuatkan semacam permainan yang mengharuskan mereka bercerita mengenai permasalahan yang ada di lingkungan keluarga mereka, itulah yang nantinya menjadi jalan keluar untuk memperkokoh keluarga," kata Laili.

Tujuan RKI sendiri, kata Laili, mendorong terbentuknya keluarga-keluarga yang kokoh,harmonis dengan memberi pengetahuan dan keterampilan pada kelompok-kelompok yang sudah terbentu.

"Kemudian, dapat menjadi mitra keluarga Indonesia untuk mewujudkan generasi religius, kreatif, pruduktif, konstruktif dan berbudaya," kata Laili.

Tahun ini, lanjut Laili, DPW PKS Kalbar baru melakukan uji coba RKI internal partai saja. Kedepannya, jika secara internal PKS program RKI berhasil maka akan dibuka untuk kalangan umum.

"Tidak hanya itu, kami juga akan menggelar pelatihan bagi pelatih perwakilan kabupaten/kota di Kalbar untuk dapat mengembangkan program RKI tersebut setelah Ramadhan ini," kata Laili.

Selain RKI, pada saat yang sama juga dirangkai peluncuran Pos Wanita Keadilan (Pos WK) berbasis Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi, Launching Buletin Perempuan dan berbagai perlombaan untuk anak-anak dan keluarga kader PKS. (*)
(ANT-089/T011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011