Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita humaniora di Tanah Air terjadi di Indonesia sepanjang Senin (19/2). Di antaranya, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) terus melakukan percepatan rehabilitasi mangrove hingga penguatan pembudayaan membaca atau literasi keluarga berbasis digital.
 

Berikut ini rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
BRGM terus lakukan percepatan rehabilitasi mangrove di 9 provinsi
 
Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) terus melakukan percepatan rehabilitasi mangrove dan telah berhasil melakukan rehabilitasi di lahan seluas 38.549 hektare sampai 2022 yang disertai upaya melindungi wilayah yang masih terjaga kualitas lahannya.
 
"Perlu dicatat bahwa rehabilitasi mangrove tidak sekedar menanam, namun ada luasan mangrove yang ditambah (pengayaan). BRGM juga berupaya melindungi mangrove eksisting yang sudah tumbuh dengan baik," kata Kepala Kelompok Kerja Kerjasama, Hukum, dan Hubungan Masyarakat BRGM Didy Wurjanto menjawab pertanyaan ANTARA di Jakarta, Senin (19/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
BRIN dan YKCI jalin kerja sama riset lima tahun bidang konservasi
 
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bersama Yayasan Konservasi Cakrawala Indonesia (YKCI) menandatangani nota kesepahaman kolaborasi selama lima tahun untuk menghasilkan teknologi terapan, informasi, dan praktik-praktik pengelolaan sumber daya yang berguna di tingkat tapak.
 
"Kami berharap hasil penelitian itu bisa dihilirisasi atau didorong agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau stakeholders yang memang punya kepentingan terkait penelitian tersebut," kata Pelaksana Tugas Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi BRIN Muhammad Amin saat ditemui di Jakarta, Senin (19/2).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
 
Presiden Jokowi juga resmikan RS Abdul Rais Fatah Tanjung Selor
 
Presiden Joko Widodo juga meresmikan Rumah Sakit Tingkat IV Abdul Rais Fatah Tanjung Selor, bersamaan meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RS PPN) Panglima Besar Soedirman dan 19 Rumah Sakit TNI lainnya di Indonesia.
 
“Saya sangat menghargai mengapresiasi pembangunan RSPPN Panglima Besar Soedirman dan 20 RS yang diinisiasi oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan)," ucap Presiden RI, Joko Widodo di Jakarta, Senin (19/2).

Selengkapnya baca di sini.
 
 
Banjir Kapuas Hulu rendam jalan nasional menuju perbatasan RI-Malaysia
 
Bencana banjir kembali terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar), yang kali ini merendam akses jalan nasional pada dua titik menuju perbatasan Indonesia-Malaysia, sehingga kendaraan tidak bisa melintas, terutama di Desa Labian Iraang, Kecamatan Batang Lupar.
 
"Belum ada laporan resmi ke kami, tapi informasi yang kami terima banjir terjadi di Lauk Rugun, Kecamatan Embaloh Hulu, dan di Labian Iraang, Kecamatan Batang Lupar," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Yanto Susanto, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin (19/2).
 
Selengkapnya baca di sini.

Perpusnas: Literasi keluarga berbasis digital sangat fundamental
 
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI Adin Bondar mengatakan konsep penguatan pembudayaan membaca atau literasi keluarga berbasis digital adalah hal yang sangat fundamental.
 
"Pentingnya penguatan literasi digital di setiap keluarga di Indonesia ini sebagai upaya intervensi pemerintah untuk penguatan kecerdasan dan karakter anak Indonesia," kata Adin di sela kehadirannya di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (19/2).
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024