Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (15/2) kasus kematian akibat COVID-19 menurut juru bicara pemerintah mulai naik lagi, warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap mencapai 136,6 juta lebih, dan pemerintah menyalurkan dana bantuan operasional sekolah langsung ke sekolah untuk menyederhanakan birokrasi.

Selain itu ada warta mengenai aturan penggunaan bantuan operasional pendidikan dan masa pengunggahan proposal penelitian dosen serta dampak diskriminasi terhadap perempuan yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Kasus kematian akibat COVID-19 mulai naik lagi

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan kasus kematian akibat COVID-19 mulai mulai naik lagi namun angka kenaikannya lebih rendah dari sebelumnya. Sedangkan angka kasus penularan virus corona, menurut dia, meningkat lebih tajam dari masa sebelumnya.​​​​​​​

136.647.928 orang sudah dapat vaksinasi dosis lengkap

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 pada Selasa mencatat jumlah warga yang sudah mendapat vaksinasi COVID-19 dosis lengkap bertambah 833.899 menjadi 136.647.928 orang dan jumlah warga yang sudah menerima suntikan dosis pertama vaksin bertambah 252.141 menjadi 188.590.685 orang. Sedangkan vaksinasi dosis ketiga sudah dilakukan pada 7.277.382 orang, bertambah 218.237 orang dari hari sebelumnya.

Dana BOS disalurkan langsung ke sekolah untuk sederhanakan birokrasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa penyaluran dana bantuan operasional sekolah (BOS) langsung ke sekolah merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menyederhanakan birokrasi. "Anggaran yang diberikan langsung kepada sekolah seharusnya dinikmati (secara maksimal) oleh pendidik maupun peserta didik. Ini juga penting untuk menunjukkan kehadiran negara dalam upaya menyederhanakan birokrasi," katanya.

PAUD diberi keleluasaan gunakan dana bantuan operasional pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyatakan bahwa Program Merdeka Belajar episode 16 akan memberikan keleluasaan bagi pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk menggunakan dana bantuan operasional pendidikan dan sekolah kesetaraan menggunakan dana bantuan operasional pendidikan kesetaraan. "Terobosan hari ini hubungannya dengan peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, melalui transformasi kebijakan pendanaan," kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim.

Masa unggah proposal penelitian dosen diperpanjang

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi memperpanjang masa bagi dosen untuk mengunggah proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2022 hingga 18 Februari 2022 pukul 23.59 WIB dan memperpanjang masa pemberian persetujuan usul penelitian hingga 20 Februari 2022 pukul 23.59 WIB.

Diskriminasi dan kekerasan jadi tantangan dalam pemberdayaan perempuan

Pemimpin W20 Hadriani Uli Silalahi mengatakan bahwa diskriminasi dan kekerasan masih menjadi tantangan dalam upaya pemberdayaan perempuan dan penyetaraan gender. "Kita menyadari bahwa diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan merupakan tantangan yang dihadapi oleh perempuan untuk menjadi berdaya dan setara di tengah masyarakat," katanya.
 

Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022