Menjadi salah satu bukti bahwa film berbahasa daerah juga diterima dan dapat mengikuti era kekinian.
Makassar (ANTARA) - Film “Ambo Nai Sopir Andalan” yang berbahasa Bugis merupakan film bernuasa lokal yang menasional dan siap ditayangkan serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada 24 Februari 2022.

“Film ini merupakan besutan sineas di Sulawesi Selatan yang berani hadir menggunakan bahasa Bugis di layar lebar,” kata Produser Film “Ambo Nai Sopir Andalan” Sunarti Sain dalam keterangan persnya, di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, film ini dikemas oleh Sutradara Andi Burhamzah dengan komedi yang apik.

Penampilan pemeran utamanya Ambo Nai sangat natural dan menjiwai perannya sebagai sopir pengantar ikan yang memang dekat dengan kehidupannya sehari-hari.

Menurut Sunarti, film yang menggunakan bahasa Bugis ini menjadi salah satu bukti bahwa film berbahasa daerah juga diterima dan dapat mengikuti era kekinian.

Tak heran, ujar Sunarti lagi, jika kemunculan film Ambo Nai ini mencuri perhatian sineas-sineas dari Pulau Jawa. Salah seorang di antaranya adalah Bayu Skak yang menyutradarai Film Yo Wis Ben yang juga menggunakan bahasa daerah.

Bayu dalam pengakuannya kepada produser film ini, menyatakan sangat antusias dan menunggu film Ambo Nai tayang di bioskop.

“Ini bukti bahwa film dengan bahasa daerah itu bisa diterima secara nasional dan harus kita jaga kelestariannya. Saya tak sabar ingin nonton film ini,” kata Sunarti mengutip pernyataan Bayu.

Sementara pemeran Ambo Nai yang juga youtuber yang lagi naik daun ini, berharap film layar lebar pertamanya ini bisa diterima oleh fans setia Ambo Nai yang tersebar di berbagai kota.

Sebelum syuting untuk film layar lebar, Ambo Nai sudah lebih dulu eksis hadir di platform Youtube lewat film-film komedi yang diproduksi Timur Kota Official. Film-film mereka di youtube sudah masuk episode 40-an dan ditonton jutaan penggemarnya dari berbagai negara.
Baca juga: Gubernur Yasin Limpo ikut main film Assalamu Alaikum
Baca juga: Sutradara film "Silariang" bangga gunakan potensi daerah


Produser film "Ambo Nai Sopir Andalan" Sunarti Sain. ANTARA/HO-dok pribadi

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022