Toronto (ANTARA News) - Mantan petenis nomor satu dunia dan 13 kali juara turnamen Grand Slam, Serena Williams, maju ke putaran kedua turnamen tenis WTA Toronto, ketika Selasa mengalahkan pemain dari Ukraina, Alona Bondarenko, 6-0, 6-3.

Unggulan kedua Kim Clijsters sedang dalam perjalanan untuk memenangi pertandingan, namun terpaksa mundur pada laga putaran kedua itu saat berhadapan dengan pemain dari China, Zheng Jie.

Ini merupakan langkah mundur lainnya bagi petenis juara Australia Terbuka dari Belgia itu, yang mengalami cedera di pergelangan kaki kanan April dan mundur dari turnamen di Roma dan Madrid karena cedera bahu kanan dan pergelangan tangan.

Clijsters, juara bertahan tunggal puteri pada turnamen AS Terbuka mendatang, juga memilih untuk tidak bermain di turnamen lapangan keras Kalifornia sebagai pemanasan menjelang turnamen Grand Slam terakhir musim ini di Amerika.

Clijsters memenangi set pertama 6-3 tetapi ketika Zheng memimpin 2-1 pada set kedua, Clijsters menggeleng-gelengkan kepala dan meninggalkan lapangan.

Sedangkan Williams tampil dengan bagaus ditandai dengan penguasaan lapangan serta pukulannya yang akurat.

Petenis Amerika itu hanya kehilangan empat poin ketika memenangi set pertama hanya dalam waktu 16 menit dan setelah Bondarenko membuat angka menjadi 3-3 pada set kedua, Williams bangkit lagi dengan melakukan pukulan keras mendatar, memenangi tiga game dan tampil sebagai pemenang.

Pertandingan berlangsung amat cepat pada laga yang delapan pemain unggulannya mendapat "bye" pada putaran pertama.

Williams tidak berada di antara mereka, karena ia sedang berusaha membangun kembali peringkatnya setelah melorot akibat ia harus beristirahat selama 11 bulan karena sakit.

Ia menunjukkan masa penampilan yang mengarah di jalan yang benar setelah pada laga lapangan keras di Stanford dua minggu lalu berhasil menuai gelar.

Unggulan utama Carolina Wozniacki dari Denmark membuka kampanyenya Rabu ketika bertemu di putaran kedua dengan pemain dari Italia, Roberta Vinci, yang menang 6-4, 6-2 atas petenis dari Belgia, Yanina Wickmayer.

Petenis Serbia Bojana Jovanovski maju ke putaran selanjutnya ketika lawannya dari Australia Jelena Dokic mundur ketika sedang memimpin 0-2. Jovanovski akan bermain dengan unggulan kelima dari Rusia, Maria Sharapova.

Pada pertandingan putaran pertama, unggulan ke-11 Andrea Petkovic maju setelah menang 6-2, 6-2 atas pemain dari Kanada Eugenie Bouchard.

Unggulan ke-13 dari Polandia Agnieszka Radwanska mengalahkan petenis Rusia Elena Vesnina 6-4, 6-1, tetapi unggulan ke-16 dari Slowakia Dominika Cibulkova harus mundur ketika melawan petenis kualifikasi dari Ceko Iveta Benesova ketika sedangkan memimpin 3-1 pada set ketiga, karena mengalami masalah pada kaki kirinya.

Petenis "wild car" dari Kanada Aleksandra Wozniak, peringkkat ke-15 dunia, dengan mengejutkan mengalahkan peringkat ke-23 dunia dari Isreal, Shahar Peer, 6-1, 6-0, sehingga membanggakan penonton tuan rumah dan pada laga berikutnya ia akan bertemu dengan petenis Australia, Samantha Stosur.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011