Semua pemain yang kita panggil TC tentulah pemain terbaik menurut coach staff kita
Jakarta (ANTARA) - PP Perbasi menunjuk 14 pemain untuk memperkuat tim nasional bola basket Indonesia dalam window kedua Kualifikasi Piala Dunia 2023 zona Asia yang akan dimulai pada 24 Februari mendatang.

Dari 14 nama tersebut, delapan di antaranya merupakan pemain yang pernah tampil pada window pertama kualifikasi di Lebanon, November tahun lalu.

Mereka di antaranya adalah Abraham Damar Grahita, Andakara Prastawa, Vincent Rivaldi Kosasih, dan Lester Prosper.

Baca juga: PP Perbasi tunjuk manajer baru untuk timnas basket Indonesia

Namun pelatih kepala timnas Rajko Taroman tidak lagi menyertakan beberapa nama dalam lanjutan kualifikasi kali ini, seperti Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, dan Sandy Ibrahim.

Sebagai penggantinya, manajemen timnas memanggil beberapa pemain muda, seperti Aldy Izzatur Rahman, Ali Bagir, dan Muhammad Arighi untuk bergabung bersama skuad. Selain itu, ada juga Kaleb Ramot Gemilang yang kembali ke timnas setelah menepi dua tahun lamanya.

“Semua pemain yang kita panggil TC tentulah pemain terbaik menurut coach staff kita. Jadi untuk kondisi pastinya 14 pemain ini lah pemain dengan kondisi terbaik dan tersiap," ungkap Manajer Timnas Bola basket Indonesia Jeremy Immanuel Santoso dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Asisten Pelatih Timnas Bola basket Indonesia Wahyu Widayat Jati mengatakan bahwa sebelumnya ada 22 pemain yang dipanggil ikut pemusatan latihan (TC). Namun tidak semuanya dapat memenuhi panggilan.

“Satu orang ternyata positif COVID-19 langsung dikembalikan ke klubnya. Dua orang yang ikut seleksi tidak dibawa ke Arab Saudi dan Yordania. Mereka tidak dibawa karena kebutuhan tim dan persaingan selama seleksi," kata Wahyu.

Beberapa pemain seperti Indra Muhammad, Ikram Fadhil, Arki Dikania Wisnu, Sandy Ibrahim, Hardianus Lakudu tidak bisa bergabung karena masalah kesehatan dan cedera. Sedangkan Kelvin Sanjaya tidak bisa melanjutkan TC karena masalah kesehatan setelah terpapar COVID-19.

Skuad Garuda akan bertolak ke Arab Saudi pada Minggu (20/2) untuk menjalani pertandingan Grup C window II Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023.

Indonesia akan mengawali perjuangannya dengan melawan tuan rumah Arab Saudi pada 24 Februari dan menantang yordania tiga hari kemudian (27/2).

Baca juga: Kaleb Ramot kembali ke timnas untuk Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023

Berikut daftar 14 pemain timnas untuk window kedua:

1. Andhakara Prastawa
2. Abraham Damar Grahita
3. Agassi Goantara
4. Widyantara Putra Teja
5. Yudha Saputra
6. Aldy Izzatur Rahman
7. Vincent Kosasih
8. Brandon Jawato
9. Lester Prosper
10. Kaleb Ramod
11. Juan Laurent
12. Kevin Yonas
13. Ali Bagir
14. Muhammad Arighi

Baca juga: Timnas basket mulai jalani TC jelang Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2023

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022