Jakarta (ANTARA) - Tim Gresini Racing mengapresiasi pengaspalan ulang sirkuit Mandalika usai dilakukan uji coba pramusim MotoGP 2022.

Comm & Marketing Director Gresini Racing, Carlo Merlini, mengatakan tim bersemangat dengan sirkuit baru Mandalika, setelah melakukan uji coba pramusim di sirkuit Sepang, Malaysia, yang selalu dikunjungi setiap tahun.

"Tentu saja semua orang ingin mencoba sirkuit tersebut dan melihat apakah ban kami berinteraksi dengan baik dengan aspal atau jalan di Sirkuit Mandalika tersebut," kata Merlini dalam konferensi pers virtual yang digelar sponsor asal Indonesia Antangin, Senin.

"Mandalika juga merupakan tempat uji coba yang sangat baik karena kita mengetahui bahwa sirkuit dan kejuaraan kali ini akan sangat seru. Kami mengetahui bahwa saat ini sedang dilakukan perbaikan untuk aspalnya," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Bamsoet optimis pengaspalan kembali Sirkuit Mandalika segera selesai

Pebalap Gresini Racing, Enea Bastianini, yang menjadi tercepat di tes pramusim Sepang, memuji sirkuit Mandalika dan mengatakan uji coba berjalan baik.

"Memang kami selalu menjadi sangat kompetitif, dan sirkuitnya memang sangat luar biasa, dan pada saat tes yang kami lakukan rasanya sangat baik hasilnya," tutur Bastianini.

"Track-nya mungkin saat itu belum di kondisi terbaiknya... tapi masih sangat diupayakan untuk memperbaikinya, setelah banyak lap sudah dilalui, aspalnya akhirnya sudah diperbaiki."

"Namun, bagi pembalap seperti saya, masih sulit, khususnya karena waktu itu agak hujan, dan track-nya memang agak berbeda dibandingkan track-track lain di luar negeri."

Baca juga: Peralatan berat tiba, lintasan Sirkuit Mandalika siap diaspal ulang

Bastianini menambahkan track Mandalika mengharuskan pebalap untuk berhati-hati karena banyak sekali tikungan, namun justru menjadi bagian yang sangat dia sukai.

"Dan, saya ingin sekali betul-betul bisa berprestasi di sirkuit Mandalika nanti," kata Bastianini.

Peralatan berat milik PT. Pembangunan Perumahan (PP) telah tiba di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu, yang selanjutnya akan digunakan untuk mengelupas permukaan lintasan dan secara bersamaan juga akan melakukan set-up Asphalt Mixing Plant (AMP) sambil menunggu kedatangan sisa peralatan.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengatakan proses pengerjaan perbaikan lintasan diharapkan selesai pada 10 Maret, sesuai target yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, Dirut PT PP Novel Arsyad meyakinkan bahwa pihaknya berkomitmen menjadikan lintasan Sirkuit Mandalika memenuhi standar keselamatan dan keamanan balapan serta menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Pengaspalan dilakukan di segmen tikungan 16,5 yang menuju lintasan lurus sepanjang 507 meter, hingga ke tikungan 5,5 yang menuju tikungan 6, 7, 8 dan 9. Secara total, yang diaspal ulang mencapai sekitar 17,5 persen dari keseluruhan lintasan.

MotoGP Mandalika 2022 akan digelar pada 18-20 Maret mendatang.

Baca juga: Mandalika penuhi kualifikasi dunia setelah top speed di atas target

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022