Jakarta (ANTARA) - Platform aset digital Asia Tenggara yang dikembangkan oleh Xfers, StraitsX, hari ini mengumumkan peluncuran “StraitsX Business Account” untuk stablecoin XIDR di Indonesia.

Akun Bisnis StraitsX ini menyediakan infrastruktur dan solusi aset digital yang terjangkau, mudah diakses, dan developer-friendly bagi 62 juta bisnis di Indonesia, mulai dari UKM hingga perusahaan multinasional.

"Sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan agenda digital yang lebih inklusif dan adil, tujuan kami adalah untuk membangun ekosistem aset digital yang kuat dan dapat dioperasikan oleh mitra lokal dan internasional secara terpercaya," ujar Head of StraitsX, Aymeric Salley, dalam jumpa pers daring, Rabu.

Salley menambahkan, Stablecoin StraitsX Indonesia (XIDR) memiliki potensi besar dalam ekosistem keuangan global, selain fungsi utamanya dalam transaksi cryptocurrency di blockchain publik.

"Berkat keunggulan teknologi blockchain, stablecoin dapat membantu memfasilitasi pengiriman aset digital kepada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja dalam hitungan menit tanpa perantara apa pun, sehingga memberikan opsi pengiriman yang lebih cepat dan lebih murah," imbuhnya.

Baca juga: Anggota dewan gubernur Fed ungkap peran uang digital bank sentral AS

Dengan pertumbuhan tekfin, blockchain, dan aset digital Indonesia yang luar biasa pesat, permintaan untuk stablecoin berdenominasi rupiah Indonesia yang andal dan kompatibel semakin tinggi.

"Aktivitas ekonomi digital di Indonesia yang terus meningkat membuat permintaan untuk aset digital muncul tidak hanya dari investor kripto, tetapi juga dari pelaku usaha di Indonesia. Dari perspektif yang lebih luas, tren tersebut juga menunjukkan bagaimana bisnis dan industri dapat mendorong inklusi keuangan, di mana literasi digital memegang peranan penting," kata Business Development Manager StraitsX Indonesia, Kinansyah Pramaditia.

StraitsX juga memiliki tim di Indonesia dalam upaya memenuhi misinya untuk mempercepat akses ke aset digital bagi individu dan bisnis di Indonesia.

StraitsX menghadirkan Jume Analyes sebagai product lead. Sebelum bergabung dengan StraitsX, Jume adalah co-founder IDRS, stablecoin Rupiah di atas blockchain Solana.

XIDR bertujuan untuk menjadi stablecoin rupiah Indonesia yang paling hemat biaya sekaligus menawarkan utilitas maksimum kepada pemiliknya.

Proses pencetakan dan penukaran XIDR ke Rupiah dapat dilakukan secara gratis melalui platform StraitsX, dengan biaya transaksi on-chain yang dibatasi.

Pengguna dapat memanfaatkan kemampuan stablecoin XIDR untuk mengirim rupiah secara terpercaya dan aman pada protokol blockchain Ethereum dan Ziliqa dengan daftar mitra ekosistem StraitsX yang semakin luas di bawah ini.

XIDR diharapkan mampu untuk mengikuti keberhasilan peluncuran XSGD, stablecoin yang sepenuhnya didukung oleh dolar Singapura. Saat ini, XSGD telah memiliki kapitalisasi pasar senilai lebih dari 200 juta dolar AS.

Penduduk Indonesia bisa mendapatkan token XIDR dengan cara mendaftarkan diri untuk akun StraitsX dan mentransfer Rupiah ke rekening bank mereka.

Akun bisnis juga tersedia untuk berbagai bisnis yang ada di Indonesia dengan batas transaksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan akun pribadi, serta ditambah dengan fitur advanced account management.

Baca juga: Cerdaslah berinvestasi, pahami literasi keuangan

Baca juga: Bappepti: Masa depan kripto buatan Indonesia cerah

Baca juga: Ekosistem kripto, antara potensi pajak hingga perlindungan konsumen

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022