Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Herawati Boediono mengimbau para perajin terus mengembangkan produk ramah lingkungan.

Menurut Herawati Boediono dalam pembukaan Pasar Indonesia di Jakarta, Kamis, inovasi produk ramah lingkungan dibutuhkan untuk mengantisipasi pandangan dunia yang semakin hijau.

"Perkembangan dunia yang mengarah pada produk ramah lingkungan memerlukan inovasi dari para perajin," kata Herawati.

Selain itu, Herawati juga meminta perajin terus meningkatkan kualitas sehingga dapat bersaing dengan negara lain.

Herawati menambahkan, Dewan Kerajinan Nasional memiliki perhatian untuk meningkatkan kesejahteraan para perajin.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak terutama Bank BUMN agar para perajin dapat berkembang dan mampu bersaing di pasar.

Ia juga mengatakan sangat mendukung berbagai kegiatan serupa untuk mendorong peningkatan kualitas dan penetrasi pasar perajin.

Sementara itu, dalam pembukaan Pasar Indonesia, Herawati Boediono selain membuka juga melakukan kunjungan ke gerai-gerai pameran.

Pasar Indonesia digelar oleh Bank Mandiri selama empat hari, 18-21 Agustus di Jakarta Convention Center, diikuti oleh 141 mitra binaan Bank Mandiri, 15 perusahaan "lingkage program", 32 wirausaha muda Mandiri dan 15 peserta kuliner populer.

Produk yang dipasarkan meliputi barang kebutuhan lebaran, busana, batik, tenun, furnitur, interior, kerajinan kayu, marmer, keramik hiasan rotan dan bambu, kerajinan logam, anyaman dan produk-produk lainnya.

(T.M041)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011