Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita penting dan menarik di bidang ekonomi pada hari kemarin yang informasinya masih layak untuk disimak dalam rangkuman pagi ini seperti pecahnya perang antara Rusia dan Ukraina yang berdampak pada harga komoditas global, IHSG yang ikut anjlok 1,48 persen karena konflik Rusia-Ukraina, Kementerian PUPR mulai bangun tol Gedebage-Tasikmalaya, hingga Rp400 triliun barang pemerintah dari UMKM.


Rusia invasi Ukraina, komoditas global naik ke tertinggi multitahun

Harga-harga komoditas global melonjak ke level tertinggi multi-tahun pada Kamis, karena Rusia meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina, dengan harga merespon secara spontan meskipun aliran ekspor minyak, gas, biji-bijian dan logam Rusia ke Barat stabil. Harga minyak naik di atas 100 dolar AS per barel untuk pertama kalinya sejak 2014, harga gas Inggris dan Belanda naik 30 persen-40 persen dan gandum berjangka di Chicago melonjak ke level tertinggi 9,5 tahun.

Baca informasi lebih lengkap di sini.


IHSG ditutup jatuh 1,48 persen ikuti anjloknya bursa global

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore turun mengikuti anjloknya bursa saham regional dan global akibat konflik antara Rusia dan Ukraina. IHSG ditutup melemah 102,24 poin atau 1,48 persen ke posisi 6.817,82. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 11,43 poin atau 1,16 persen ke posisi 973,65.

Baca berita lengkapnya di sini.


Menko Luhut targetkan Rp400 triliun barang pemerintah dari UMKM

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menargetkan belanja pengadaan barang pemerintah yang rata-rata mencapai Rp400 triliun per tahun digunakan untuk membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). "Ada program pemerintah yang akan diluncurkan agar bagaimana belanja pemerintah wajib hukumnya membeli melalui e-katalog UMKM. Belanja itu nilainya ada sekitar Rp400 triliun," kata Luhut.

Baca berita lengkapnya di sini.


Kementerian PUPR mulai bangun Tol Gedebage-Tasikmalaya tahun ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) akan memulai pembangunan Jalan Tol Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap (Getaci) pada tahun ini. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan Tol Getaci yang dimulai pada 2022 ini diharapkan dapat rampung pada 2024 untuk pembangunan tahap pertama.

Baca berita lengkapnya di sini.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022