Jakarta (ANTARA) - Jenama fesyen asal Bandung Greenlight menggandeng desainer Ican Harem akan memperkenalkan koleksi busana bertema jalanan urban khas perkotaan Indonesia di Paris Fashion Week.

Koleksi itu nantinya akan tampil dalam "Gekrafs Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022" yang diselenggarakan pada 6 Maret 2022 di The Westin Paris Vendome.

Baca juga: Ridwan Kamil dukung jenama lokal tampil di Paris Fashion Week 2022

Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) membawa 10 jenama lokal untuk tampil di Paris, termasuk Greenlight x Ican Harem.

"Koleksinya berjudul 'Traffic Tribe'. Saya membayangkan ada 'suku-suku' yang lahir dari lampu merah atau lampu lalu lintas yang ada di wilayah urban Indonesia," kata Ican saat konferensi pers virtual, Jumat.

Ican mengatakan koleksi "Traffic Tribe" terinspirasi dari suasana situasi hiruk pikuk kemacetan lalu lintas dan jalanan yang kerap diisi oleh para pedagang asongan hingga pengamen yang suka menyanyikan lagu "Mimpi yang Sempurna" dari Noah.

"Saya menanti untuk mempresentasikannya di Paris. ... Yang pasti, koleksi ini tidak akan pernah dilihat di manapun dan kapanpun, hanya di Paris Fashion Week," tutur Ican.

Baca juga: Pemerintah dukung jenama fesyen lokal "go internasional"

Ia mengatakan koleksinya akan terdiri dari beberapa jenis pakaian seperti jaket, jas, celana, atasan hingga bawahan, dan beberapa aksesoris dengan sepuluh tampilan, looks.

Pada kesempatan yang sama, Marketing Manager 3Second dan Greenlight Hendri Sase, mengatakan bahwa kolaborasinya dengan Ican Harem memiliki unsur kesamaan yang unik. Secara harfiah, nama Greenlight berarti “lampu hijau”. Hal tersebut, kata Hendri, sejalan dengan konsep desain yang dihadirkan Ican dalam "Traffic Tribe".

Hendri mengatakan pihaknya bangga mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan jenama itu di Paris yang menjadi pusat mode dunia.

"Ini menjadi sebuah milestone baru bagi kami dalam perjalanan menjelang dua dekade di industri fesyen," ujarnya.

Sementara itu, Ariel Noah selaku Brand Ambrassador Greenlight berharap keberangkatan jenama itu ke Paris tidak hanya terjadi sekali ini saja, tetapi juga pada tahun-tahun selanjutnya.

Ariel bersama-sama dengan sejumlah rekan pekerja seni dan kreator konten lainnya seperti Anya Geraldine, Keanuagl, Reza Arap, Wendy Walters, Adipati Dolken, Canti Tachril, dan Tyna Dwijayanti akan berangkat ke Paris untuk mendukung 3Second serta Greenlight.

"Senang sekali melihat antusiasme dan dukungan yang datang dari rekan-rekan pekerja seni dan content creator. Semoga membuat kita makin bangga menggunakan produk-produk brand lokal seperti 3Second dan Greenlight,” kata vokalis band Noah itu.


Baca juga: 10 "brand fashion" lokal siap unjuk gigi di Paris Fashion Week 2022

Baca juga: Sandiaga harap kehadiran DPW Gekrafs Banten jadi gerakan kolaboratif

Baca juga: 3Second x Danjyo Hiyoji akan tampilkan koleksi "Heeji" di Paris

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022