tidak ingin dana ini tersalur tidak membawa manfaat, karena itu BNI bukan hanya menyalurkan KUR begitu saja, tetapi juga ada unsur pembinaan terhadap para penerima KUR...
Manado (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Wilayah Manado menargetkan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebanyak Rp238,17 miliar hingga akhir 2011.

"Target kami tentang KUR Rp238,17 miliar, direncanakan dicapai dengan dua pola, sistem kelompok dan kampung BNI," kata Head Regional CEO BNI Wilayah Manado, Emil Ermindra, di Manado, Selasa.

Emil mengatakan, dua sistem ini sedang dimatangkan dan diharapkan pada semester kedua sudah rampung sehingga penyaluran KUR sudah dapat dilakukan.

"Sistem kelompok, artinya ada bapak angkat, yang berfungsi bukan hanya mempermudah pembayaran kredit oleh debitur, tetapi juga menjamin pemasaran hasil produksi usaha mikro kecil menengah penerima KUR," kata Emil.

Sementara sistem kampung BNI, kata Emil, diharapkan masing-masing daerah punya satu komoditas yang dikembangkan, jadi menggunakan teknik satu produk di satu wilayah atau one product one village.

"Yang sudah ada kampung rumput laut di Minahasa Utara, sistem ini diharapkan selain mampu memberdayakan daerah yang menjadi pusat pengembangan satu produk," kata Emil.

Pengembangan usaha mikro kecil menengah, kata Emil, menjadi salah satu fokus perhatian BNI, karena itu pihaknya terus mencari berbagai terobosan yang pada intinya bertujuan agar dana KUR ini benar-benar membawa hasil yang memuaskan.

"Kita tidak ingin dana ini tersalur tidak membawa manfaat, karena itu BNI bukan hanya menyalurkan KUR begitu saja, tetapi juga ada unsur pembinaan terhadap para penerima KUR," kata Emil.

Pengembangan sistem kelompok dan kampung BNI agar mencapai keberhasilan yang diharapkan, kata Emil maka BNI bukan hanya memfokuskan dana KUR tetapi juga dana penyisihan laba BUMN atau dikenal dengan istilah program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) membantu memberdayakan UMKM.

Untuk dana PKBL, BNI mengalokasikan dana berkisar Rp3,27 miliar pada tahun 2011, dengan dana ini diharapkan UMKM di Sulut mampu lebih berkembang.

Realisasi penyaluran KUR BNI Wilayah Manado hingga Juni 2011 mencapai Rp59,77 miliar, sementara dana PKBL yang sudah tersalur sebesar Rp1,36 miliar. (*)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011