Jakarta (ANTARA News) - PT Pelindo III (Persero) memastikan kesiapan 13 terminal penumpang di tujuh provinsi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang angkutan Lebaran 2011.

"Ke-13 terminal penumpang tersebut siap disinggahi para pemudik Lebaran 2011 yang menggunakan jasa angkutan laut," kata Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Terminal penumpang di lingkungan Pelindo III yaitu terminal penumpang Gapura Surya, Gapura Nusantara, dan terminal Roro di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, terminal penumpang Banjarmasih di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Selanjutnya terminal penumpang Segara Jana Sanggraha di Pelabuhan Benoa, Bali, terminal penumpang Helong dan Sasando di Pelabuhan Tenau Kupang, NTT, terminal penumpang Tanjung Wangi di Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi, Jawa Timur, terminal penumpang Gresik di Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, terminal penumpang Sampit di Pelabuhan Sampit, Kalimantan Tengah.

Terminal penumpang Kumai di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kalimantan Tengah, terminal penumpang Lembar di Pelabuhan Lembar, NTB, terminal penumpang Batulicin di Pelabuhan Kotabaru Kalimantan Selatan, terminal penumpang Maumere di Pelabuhan Maumere, NTT, dan terminal penumpang Bima di Pelabuhan Bima, NTB.

Menurut Edy, seluruh terminal penumpang tersebut sudah selesai direnovasi sehingga mampu menampung penumpang lebih banyak dari kapasitas eksisting.

Ia memperkirakan lonjakan jumlah penumpang dalam jumlah signifikan akan terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Emas, Sampit, Banjarmasin, Gresik, Benoa, Lembar, Tenau Kupang dan Kumai.

Meningkatnya jumlah arus mudik melalui kapal laut juga diikuti peningkatan penjagaan pengamanan pada akses keluar dan masuk pelabuhan termasuk pada lokasi terminal penumpang.

Pada masing-masing terminal juga ditempatkan Posko Terpadu Lebaran yang terdiri atas beberapa petugas gabungan (Pelindo, Adpel, Kepolisian.
(R017)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011