Cilacap (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta warga, khususnya di Cilacap, Jawa Tengah, untuk terus mengembangkan ide usaha kecil atau mikro demi meningkatkan kesejahteraan.

"Ide harus muncul dari masyarakat," kata Presiden Yudhoyono saat mengunjungi Pasar Benih Ikan di Kecamatan Majenang, Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Kamis, sebagai salah satu kegiatan Safari Ramadhan Presiden ke sejumlah tempat.

Presiden yang didampingi oleh Ibu Negara Hj. Ani  Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan, usaha mikro harus terus dikembangkan. Jenis usaha itu juga harus bisa melibatkan sebagian besar warga.

Pemerintah berkomitmen untuk membantu mengembangkan berbagai jenis usaha kecil, antara lain dengan memberikan bantuan. Namun, kata Presiden, ide dan gagasan tetap harus datang dari rakyat.

Pasar Ikan Majenang dibangun di atas lahan seluas 1.278 meter persegi dengan menggunakan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) senilai Rp84 juta.

Kepala Desa Majenang, Sunarto, menjelaskan bahwa saat ini terdapat sejumlah kelompok budi daya ikan. Kelompok itu memelihara berbagai jenis ikan, antara lain Gurame, Nila, Mas, Lele, Tawes, dan Sepat.

PNPM di Cillacap ditandai dengan program pegembangan kecamatan sejak 1998 untuk empat kecamatan, yaitu Jeruklegi, Kawunganten, Sidareja, dan Wanareja.

Setelah meninjau Pasar Benih Ikan di Kecamatan Majenang, Presiden akan meninjau lokasi panen Padi Sampang di Kecamatan Sampang, Cilacap, serta buka puasa bersama para petani di lapangan sepak bola Karangmangu, Batur Raden, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas.
(L.G003*F008/C004)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011