Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri yang telah membantu menjaga stabilitas negara di tengah terjangan pandemi COVID-19, sehingga tidak terjadi krisis sosial dan krisis politik.

"Pada fase akhir, kegagalan mengendalikan krisis sosial akan mengantarkan pada fase berikutnya, yaitu krisis politik yang akan mengancam keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Ketua MPR minta daerah tetap perhatikan BOR rumah sakit

Pada titik ini, tutur ia melanjutkan, dapat disadari bahwa ada hubungan kausalitas yang sangat erat antara stabilitas perekonomian dengan kondisi pertahanan dan keamanan negara.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, dalam konteks inilah semua pihak harus merasa bersyukur memiliki TNI dan Polri sehingga Indonesia tidak sampai masuk pada krisis sosial dan krisis politik.

Kiprah dan kontribusi TNI dan Polri dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dengan berbagai dampaknya patut memperoleh apresiasi. Peran TNI dan Polri tidak hanya dirasakan melalui giat 'cipta kondisi', melainkan juga sebagai generator berbagai kebijakan penanggulangan pandemi, di samping berbagai aksi solidaritas dan bantuan kemanusiaan.

"Saat ini kita sedang berada dalam tahap perputaran balik. Setelah kita mampu melewati masa-masa krusial, serta mampu mengendalikan pandemi COVID-19 dengan baik, secara bertahap kita mulai bangkit kembali membangun pemulihan ekonomi,” tutur Bamsoet saat memberikan pembekalan dalam Rapat Pimpinan TNI - Polri, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menambahkan, momentum ini perlu terus dijaga dan dikawal oleh seluruh elemen masyarakat.

“Saya optimis, dengan TNI dan Polri berjuang bersama-sama, kita akan segera bangkit dan pulih kembali," kata Bamsoet.

Baca juga: Ketua MPR RI minta pemerintah tetap waspada meski COVID-19 melandai
Baca juga: Bamsoet sebut KBPP harus hadir berkontribusi hadapi pandemi COVID-19
Baca juga: MPR: Siapkan generasi muda untuk kebangkitan pascapandemi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022