Jakarta (ANTARA) - Peselancar Indonesia Rio Waida dan Ryuki Waida siap berjuang demi menembus Olimpiade Paris 2024 meski kakak beradik itu mengakui akan banyak tantangan menanti mereka.

Rio mengatakan bahwa ia makin bertekad mewujudkan ambisinya itu setelah penampilannya di Olimpiade Tokyo 2020. Meski harus terhenti pada babak 16 besar, dia mengaku tetap bangga karena mendapat kesempatan bertanding dengan juara dunia.

Pengalaman tersebut menjadi pelecut semangat Rio untuk bekerja keras menembus Paris 2024.

“Saya belajar di Olimpiade, di mana saya berkesempatan bertanding dengan juara dunia. Saya bertukar pikiran dengan surfer dunia dan itu membuat saya tahu apa yang harus ditingkatkan, kebugaran, teknik, muscle, surfboard, termasuk pola makan. Saya sudah dewasa dan saya harus mengatur semuanya sendiri,” kata Rio dalam keterangan resmi Komite Olimpiade Indonesia, Selasa.

Baca juga: Rio Waida akui semakin percaya diri di turnamen usai Olimpiade Tokyo

“Pengalaman itu membuat saya bersemangat menatap masa depan, terutama setelah melihat Greysia dan Apriyani merebut emas. Saya ingin tampil di Olimpiade 2024 Paris. Saya ingin merebut medali bagi Indonesia,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, sang adik, Ryuki, mengatakan ingin makin melesat dan tembus Olimpiade karena termotivasi perjalanan karier sang kakak. Atlet yang merebut dua medali emas di ekshibisi PON Papua itu berkomitmen untuk berlatih ekstra keras agar bisa tampil di panggung Olimpiade.

“Target saya tentu Olimpiade dan ingin menjadi juara dunia. Perjalanan yang panjang dan harus step-by-step. Namun, tampilnya Rio di Olimpiade membuat saya semakin bersemangat. Jika kakaknya bisa, saya juga harus bisa,” kata Ryuki.

Baca juga: Rio Waida kalahkan peselancar nomor 3 dunia di Corona Open Mexico 2021

Rio dan Ryuki akan mengawali pembuktian mereka di SEA Games Vietnam dan Asian Games 2022 Hangzhou. Kedua atlet tersebut akan terlebih dahulu turun di Bali Pro pada 8-9 Maret. Turnamen kualifikasi seri 1000 zona Asia itu bakal memperebutkan tiket tampil di turnamen challanger.

“Kami ingin lolos dan mendapatkan tiket challenger,”

“Semoga saya juga bisa tampil di Quicksilver/Roxy Pro G-Land pada 28 Mei-6 Juni. Ini merupakan rangkaian WSL Championship Tour 2022 dan banyak surfer papan atas dunia yang turun. Semoga saya bisa mendapat hasil terbaik,” tambah Rio.

Baca juga: PB PSOI sebut Rio Waida bikin surfing naik pamor

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022