Serbuan vaksinasi yang digencarkan Lantamal IX Ambon saat ini untuk meningkatkan capaian vaksin penguat dan dosis kedua saja
Ambon (ANTARA) - Pangkalan Utama TN I Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon mengelar vaksinasi COVID-19 kepada puluhan karyawan salah satu perusahaan pengolahan ikan di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa.

"Serbuan vaksinasi yang digencarkan Lantamal IX Ambon saat ini untuk meningkatkan capaian vaksin penguat dan dosis kedua saja," kata Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI Said Latuconsina.

Ia menjelaskan tujuh orang vaksinator Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IX Ambon, diterjunkan untuk menangani pemberian vaksin penguat dan dosis kedua kepada karyawan perusahaan pengolahan ikan di Negeri Tawiri.

Sebanyak 100 dosis vaksin jenis Pfizer untuk booster dan Sinovac disiagakan untuk menunjang program serbuan vaksinasi kepada karyawan perusahaan perikanan dengan tujuan ekspor ke luar negeri itu maupun kepada warga Tawiri.

Pihak Lantamal, menurut Said, bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menggelar serbuan vaksinasi, baik di markas komando Lantamal IX maupun secara berpindah-pindah tempat, guna mempermudah masyarakat mendapatkan akses vaksinasi dan tidak mengganggu aktivitas sehari-harinya.

Lantamal IX, katanya, terus mendorong tim vaksinator menggelar vaksinasi di berbagai tempat guna membantu tercapainya sasaran vaksinasi yang ditargetkan pemerintah, terutama di Kota Ambon maupun Maluku.
Vaksinator Lantamal IX Ambon memvaksin COVID-19 kepada karyawan perusahaan pengolahan ikan di Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Provinsi Maluku, Selasa (1/3/2022). (FOTO ANTARA/HO-Dispen Lantamal IX Ambon)

"Kami berharap melalui serbuan vaksinasi yang digelar terus menerus di berbagai tempat, akan berdampak memperkuat kekebalan kelompok sekaligus memutus mata rantai penularan COVID-19 di Ambon dan Maluku," katanya.

Dia mencontohkan tim vaksinator Lantamal memanfaatkan libur Israj Mi'raj pada Senin (28/2) untuk menggelar serbuan vaksinasi di dua lokasi berbeda yakni di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah serta di pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM), Tantui, Kota Ambon.

Sejumlah karyawan perusahaan perikanan yang divaksin mengaku senang memperoleh vaksin booster dari petugas yang mendatangi lokasi tempat mereka bekerja secara langsung.

"Saya berterima kasih kepada Lantamal IX yang telah menyuntik vaksin penguat maupun dosis kedua di tempat kami bekerja. Harapannya semoga pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga seluruh aktivitas dapat normal kembali," kata Jeremias Gresmon Narmo. warga Tawiri.

Baca juga: Lantamal IX gencarkan vaksinasi di Maluku Tengah karena masih rendah

Baca juga: Unpatti Ambon - Lantamal IX tindaklanjuti kerja sama kemaritiman

Baca juga: Lantamal Ambon mengirim 19 personel amankan pulau terluar di Maluku

Baca juga: Pembudi daya ikan di Teluk Ambon divaksin Lantamal Ambon


 

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022