Subang (ANTARA News) - Pemudik bersepeda motor dari arah Jakarta terus mengalir dan memadati jalur Pantura Subang, Jabar, seperti terpantau Jum`at.

Kepolisian Resor (Polres) Subang juga menyediakan rest area untuk peristirahatan pemudik berkendaraan roda itu. "Kami menyediakan dua rest area di Pantura, yakni di Patokbeusi dan Sukamadi," ujar AKP Agun Guntoro, Kasatlantas Polres Subang.

Ia menyebutkan pemudik bersepeda motor membludak di Jalur Pantura sejak Kamis malam, dan diperkitrakan akan terus memenuhi Pantura hingga puncak arus mudik.

Seperti tepantau, Jum`at siang, para pemudik bersepeda motor itu mengalir dari arah Jakarta lewat jalur arteri mulai dari Bekasi-Karawang.

Mereka berbondong-bondong secara berkelompok dengan jumlah besar. Mereka juga memanfaatkan SPBU dan halaman rumah makan di Pantura untuk beristirahat.

Para pemudik itu menyatakan bahwa mereka memilih menggunakan sepeda motor, untuk menghemat biaya, dan waktu.

"Murah meriah, lagipula lebih cepat sampai tujuan dibanding naik bus," kata Darmatin, yang membawa keluarga dengan sepeda motor tujuan Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Polisi Subang juga mengapresiasi para pemudik bersepeda motor yang semakin tinggi tingkat kedisiplinan di jalan, seperti di jalur Pantura. "Mereka disiplin, dan ngantre di kiri jalan, sehingga tidak terjadi kemacetan. Mungkin karena terbiasa mudik dengan sepeda motor," ujar Agus Guntoro.
(*)

 

 





Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011