Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat memastikan pelayanan jajarannya terhadap puluhan ribu TKI yang mudik Lebaran berjalan lancar.

"Pelayanan dari semua terminal kedatangan TKI berjalan lancar dan aman," katanya di Jakarta, Sabtu.

BNP2TKI menyebutkan jumlah TKI dari luar negeri yang mudik pada musim Lebaran tahun ini berkisar 80.000 - 100.000 orang dan jumlah "remitansi" mencapai Rp800 miliar.

Jumhur menambahkan di luar musim Lebaran, jumlah TKI yang pulang per bulan mencapai 40.000 orang sedangkan pada selama musim Lebaran bisa dua kali lipatnya.

BNP2TKI sudah memiliki sembilan kantor pusat pendataan kedatangan TKI di berbagai debarkasi TKI, seperti di Nunukan (Kaltim), Tanjungpinang (Kepulauan Riau), Entikong (Kalimantan Barat), Gedung Pendataan Kepulangan (GPK) TKI Selapajang (Tangerang, Banten), Bandara Adi Soemarmo (Solo, Jateng), Bandara Husein Sastranegara (Bandung, Jabar), Bandara Adi Sutjipto (Yogyakarta), Bandara Juanda (Surabaya), dan Bandara Selaparang (Mataram, NTB).

Selain itu terdapat sejumlah pelabuhan yang banyak digunakan TKI sebagai tempat pemberangkatan ke luar negeri dan kepulangan ke tanah air seperti Pelabuhan Dumai (Riau), Pelabuhan Tanjung Balai Karimun (Keppri), Pelabuhan Belawan (Sumut), dan beberapa pelabuhan lain.

Kelancaran pelayanan terhadap puluhan ribu TKI yang mudik Lebaran tahun ini berlangsung karena kesigapan petugas yang memiliki komitmen pelayanan terbaik bagi para TKI. (B009)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011