Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memastikan persiapan bandara dan pelabuhan yang akan menjadi gerbang utama pelayanan para penonton MotoGP 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Djoni Widodo, dikutip melalui keterangan tertulis, Jumat, menyayakan, mereka bersama pemerintah daerah menyiapkan pelayanan khusus di dua pintu gerbang utama itu.

"Jadi untuk penonton yang datang lewat BIZAM (Bandara International Zainuddin Abdul Madjid) dan pelabuhan, awalnya akan dituntun melakukan uji usap antigen di gerai Covid-19," kata dia. 

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika mulai sewa rumah untuk penginapan

Kalau tidak ada kendala, jelasnya, penonton akan diarahkan langsung ke stan registrasi tiket MotoGP. Tahapan yang sama juga akan diberlakukan bagi penonton yang tiba melalui pelabuhan.

Usai melakukan registrasi tiket, kata dia, para penonton akan diarahkan menuju halte bus ulang-alik gratis yang telah disiapkan. "Nanti penonton akan menumpang bus sesuai jenis tiket dan pintu yang dituju. Ada gelang warna yang jadi tanda mereka," ujar dia.

Baca juga: Gubernur NTB bantah wajibkan ASN beli tiket MotoGP

Perihal akses menuju Sirkuit Mandalika, kendaraan angkut penonton, baik bus ulang-alik, angkutan sewa khusus, angkutan sewa umum, atau pun milik pribadi, akan diarahkan melalui dua jalur alternatif.

"Intinya dari bundaran BIZAM, kendaraan angkut penonton akan melewati dua jalur, yakni di By Pass BIL-Mandalika dan jalur Sengkol," ucap dia.

Baca juga: Telkomsel sediakan tiket nonton gratis MotoGP dan berwisata ke Lombok

Rencana persiapan itu pun telah dia pastikan ketika turun melakukan pengecekan bersama rombongan pejabat daerah maupun pemangku kepentingan lainnya. Dalam kegiatan yang digelar Kamis (3/3), dia bersama rombongan memeriksa kesiapan di BIZAM dan Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022