kebakaran ini tanpa ada korban jiwa
Muara Teweh (ANTARA) - Sedikitnya tiga buah rumah dan sebuah bangunan sarang burung walet di Jalan Waning Pati Kelurahan Tumpung Laung I, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ludes terbakar.

"Kebakaran di Kelurahan Tumpung Laung I itu terjadi pada Jumat, sekitar pukul 08.00 WIB," kata Kapolsek Montallat Ipda Udung dihubungi dari Muara Teweh, Jumat.

Peristiwa kebakaran itu terjadi ketika warga melihat ada kobaran api berasal dari ruangan tengah rumah milik H Bandar yang saat itu disewakan kepada orang lain.

Kemudian api cepat merembet ke rumah warga lainnya milik Angga dua unit rumah, kemudian bangunan walet semi permanen yakni bagian bawah berkonstruksi beton dan atas dari kayu milik Ilham warga setempat.

Baca juga: Bangunan dua tingkat di Muara Teweh ludes terbakar
Baca juga: Polisi Barito Selatan selidiki terbakarnya 11 rumah dan bagunan walet

Upaya pemadaman kebakaran dilakukan masyarakat, aparat Polsek Montallat dan Koramil setempat dengan menggunakan mesin alkon dan api berhasil dipadamkan setelah hampir satu jam upaya pemadaman.

"Saat ini kami masih menyelidiki dan mendalami penyebab kebakaran, karena rumah asal api yang terbakar tidak ada orangnya, sedang pergi ke kebun menyadap karet," kata Udung.

Informasi masyarakat setempat menyebutkan penghuni rumah yang menyewa rumah milik H Bandar itu sejak pukul 05.00 WIB meninggalkan rumah untuk bekerja menyadap getah karet.

"Peristiwa kebakaran ini tanpa ada korban jiwa, sedangkan nilai kerugian masih dalam pendataan anggota di TKP," ujar Udung.

Kelurahan Tumpung Laung I, Kecamatan Montallat merupakan kelurahan yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito arah selatan yang jaraknya melalui transportasi sungai dari Muara Teweh sekitar 90,5 kilometer.

Baca juga: Kebakaran lahan di Barito Selatan sudah enam kali

Pewarta: Kasriadi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022