Muara Teweh (ANTARA) - Dua orang anak buah kapal (ABK) kapal tunda (tugboat, TB) Hasyim yang terbakar di Desa Luwe, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, meninggal dunia.

"Kedua korban meninggal dunia di tempat kejadian atau terperangkap dalam kapal," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Barito Utara Rizali Hadi di Muara Teweh, Selasa.

Kedua ABK yang meninggal dunia atas nama Sahiman dan Dali Rijaldi saat kapal TB Hasyim terbakar pada Senin (25/3) malam sekitar pukul 19.00 WIB, di Sungai Barito wilayah Desa Luwe, Kecamatan Lahei Barat.

Informasi yang diterima menyebutkan dari kapal tugboat itu terdengar bunyi ledakan, kemudian api membakar kapal yang ketika itu sedang ditambat di pelabuhan perusahaan tambang batu bara PT Pada Idi.

Baca juga: Polisi investigasi terbakarnya kapal tunda batu bara di Banyuasin

Baca juga: Polisi tetapkan nakhoda kapal tunda terbakar di Jambi jadi tersangka


Salah seorang karyawan perusahaan segera memotong tali tambat agar tidak menjalar ke kapal lain yang bertambat di lokasi tersebut.

Kapal dibiarkan hanyut di Sungai Barito sampai jauh dari pemukiman warga, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 23.50 WIB dibantu warga sekitar yang menggunakan kapal pemasiran dan anggota BPBD Barito Utara.

Selain dua orang jadi korban, juga ada dua ABK yang dirawat di RSUD Muara Teweh yakni Rijaldi dan Atul Yeser, sementara satu ABK lainnya bernama Awaludin masih belum diketahui keberadaannya.

"Saat ini penyebab terbakarnya kapal tugboat masih belum diketahui dan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat," kata Rizali Hadi.

Humas RSUD Muara Teweh, Agus Redha mengakui dua orang korban meninggal sudah di bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palangka Raya untuk diidentifikasi atau diambil DNA.

"Kedua korban jam 10 WIB pagi tadi dibawa Palangka Raya untuk di tes DNA, karena sudah tidak bisa dikenali, namun korban itu satu orang Jawa dan satu lagi orang Barabai, Kalimantan Selatan," kata Agus.*

Baca juga: Polisi periksa sejumlah saksi terkait kebakaran Tugboat Bojoma 2906

Baca juga: Seorang tewas akibat kapal tugboat terbakar di Sungai Batanghari

Pewarta: Kasriadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024