Di SEA Games 2022 nanti akan mempertandingkan 12 kelas
Jakarta (ANTARA) - Atlet pelatnas dari cabang olahraga wushu sanda dan kickboxing yang disiapkan turun di SEA Games Vietnam dijadwalkan bakal turun pada Road to Airlangga Hartarto Cup Championships 2022 di Studio 2 TVRI Jakarta, Sabtu (5/3).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB WI, Ngatino di Jakarta, Jumat, mengatakan digelarnya kejuaraan yang menggabungkan dua ilmu bela diri itu selain untuk menambah jam terbang atlet pelatnas juga untuk memicu sasana kickboxing dan sanda di seluruh daerah agar meningkatkan pembinaan prestasi atletnya.

"Ini adalah ide cemerlang Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) sekaligus Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI)," kata Ngatino dalam keterangan resminya.

Baca juga: Airlangga akan tingkatkan prestasi wushu pada SEA Games, Asian Games

Menurut dia, kejuaraan yang menggabungkan dua ilmu bela diri di TVRI ini juga merupakan pemanasan untuk menuju Airlangga Hartarto Cup Championships Series 2022 yang merupakan salah satu program unggulan yang telah disiapkan.

"Kegiatan ini juga akan dijadikan program pembinaan jangka panjang cabang olahraga wushu khusus sanda dan kickboxing dalam upaya melahirkan petarung-petarung tangguh yang akan diandalkan dalam berbagai event internasional," kata pria yang juga Ketua Umum PP KBI ini menambahkan.

Kejuaraan Kickboxing dan Sanda Wang Fighting yang bakal dihadiri Airlangga Hartarto menampilkan sembilan partai kickboxing dan tiga partai sanda wang. Atlet pelatnas diharapkan bisa tampil apik karena kejuaraan ini juga akan dijadikan ajang untuk memilih tim inti SEA Games 2022.

"Di SEA Games 2022 nanti akan mempertandingkan 12 kelas. Jadi, PP KBI akan menyeleksi atlet yang berkualitas dan berpeluang untuk bisa menyumbangkan medali," kata Wakil Ketua I PP KBI, Ahmad Arsani.

"Ya, di kickboxing dan Sanda Wang Fighting nanti bisa dilihat kualitas atlet pelatnas baik teknik, taktik, strategi dan mentalnya," tambah Manajer Timnas Kickboxing Indonesia, Rossy Nurasjati sembari mengingatkan jika PP KBI merupakan satu-satunya organisasi kickboxing yang diakui World Association of Kickboxing Organization (WAKO).

Baca juga: Airlangga Hartarto kembali pimpin PB Wushu setelah terpilih aklamasi
Baca juga: Master Supandi dinobatkan jadi bapak Taiji Indonesia di Munas wushu

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022