Washington (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama yang sedang berjuang berlari sejajar dengan para pesaing teratas Republikan menuju Gedung Putih pada 2012, menurut jajak pendapat publik yang dikeluarkan Rabu.

Presiden seri dengan mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney 45-45 persen dan sedikit unggul dari Gubernur Texas Rick Perry 45-42 persen dalam survei baru, yang dilakukan oleh Universitas Quinnipiac, lapor AFP.

Keunggulan Obama atas Perry -- yang menggantikan Romney sebagai calon yang paling mungkin menang untuk nominasi presiden Republikan -- masuk dalam margin error jajak pendapat plus atau minus 2,9 persentase poin, menjadikannya seri statistik.

"Presiden kini tewas bahkan dengan seorang Republikan teratas dan hanya beberapa inci di depan yang lain," kata Peter Brown, asisten direktur Institut Polling Universitas Quinnipiac.

Dalam pertarungan untuk menguasai Kongres AS, Republikan dan Demokrat seri 38-38 dalam jajak pendapat yang disebut "suara generik."

Jajak pendapat nasional adalah barometer solid dari keseluruhan suasana hati publik AS, namun para pakar memperingatkan bahwa itu musti dilihat secara hati-hati karena pemilu AS terutama merupakan kontes lokal.

Survei Quinnipiac mendapati bahwa hanya 42 persen dari para responden mengatakan Obama pantas mendapatkan masa jabatan kedua sedangkan 51 persen mengatakan tidak, sejalan dengan jajak pendapat akhir Maret 41-50 persen terburuk sepanjang masa, dan terbagi 47-47 persen tingkat penerimaan  diantara semua pemilih.

Studi tersebut mengonfirmasi temuan lain bahwa Perry telah melompat ke puncak medan yang penuh kerumunan mencari persetujuan Gedung Putih Republikan, mengalahkan Romney 24-18 persen diantara pemilih Republikan dan pemilih independen yang condong ke Republik. (ANT/K004)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011