PLN juga memasang genset di Gardu Induk Sampang
Surabaya (ANTARA) - Gangguan listrik di Pulau Madura, Jatim, akibat penghantar Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kV di Ujung-Bangkalan mengalami masalah masalah sejak Sabtu (26/2), kini teratasi dan pulih 100 persen.

"Tahapan demi tahapan telah dilalui, Alhamdulillah pada Senin (7/3) pukul 03.07 WIB, listrik kembali normal 100 persen. Ini berkat dukungan penuh Pemda dan warga, pemulihan pasokan listrik berjalan optimal," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran di Surabaya, Senin.

Ia mengatakan, gangguan sebelumnya menyebabkan berkurangnya beban sebesar 15 megawatt (MW) pada siang hari dan 60 MW di malam hari, sehingga padam di beberapa wilayah Pulau Madura.

Baca juga: PLN Jatim padamkan sementara listrik di Sampang akibat banjir
Baca juga: PLN bentuk tim khusus, percepat pemulihan listrik di Madura

Dalam proses pemulihan, PLN memastikan masyarakat tetap menikmati listrik, dengan mengoperasikan 73 unit genset dengan kapasitas 5,6 MW yang didatangkan dari Jakarta Raya, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah untuk mendukung pemulihan sementara di wilayah terdampak.

"PLN juga memasang genset di Gardu Induk Sampang berkapasitas 14,2 MW untuk mengurangi beban padam yang beroperasi secara bertahap sejak Sabtu (5/3)," ujar Lasiran.

PLN juga memberikan bantuan sebanyak 15.408 lampu darurat atau emergency lamp kepada rumah sakit, puskesmas, pondok pesantren, masjid, mushola dan fasilitas publik lainnya sejak tanggal 28 Februari 2022.

"Seluruh personel PLN dari semua Unit Layanan Pelanggan di Madura kami terjunkan untuk mendata dan mendatangi rumah sakit, puskesmas, masjid dan fasilitas pelayanan publik lainnya agar masyarakat tetap mendapatkan akses penerangan sementara dengan emergency lamp," kata Lasiran.

Baca juga: PLN lokalisir titik gangguan listrik di Pulau Madura
Baca juga: PLN sebut telah temukan dugaan lokasi gangguan listrik Madura

Lasiran mengucapkan terima kasih atas dukungan semua stakeholder dan seluruh masyarakat Madura sehingga proses pemulihan pasokan listrik bisa berjalan lancar.

"Terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur, Forkopimda, Bupati, stakeholder, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Madura atas dukungan yang telah diberikan, yang terus memompa semangat personel PLN memberikan upaya optimalnya dalam pemulihan ini," kata Lasiran.

Baca juga: PLN bantu 12 ribu lampu LED darurat kepada warga Madura

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022