Jakarta (ANTARA News) - Sekretariat Jenderal DPR RI harus memfungsikan dirinya semaksimal mungkin sehingga kinerja anggota dewan bisa maksimal.

"Dua staf ahli dan satu sespri itu belum cukup bagi anggota dewan, maka Sekretariat Jenderal sebagai supporting agent sangat diperlukan. supporting di komisi-komisi itu sangat diperlukan untuk memperlancar kinerja anggota dewan. Kita tidak meminta penambahan staf ahli anggota," kata anggota Komisi I DPR RI Nurhayati Ali Assegaf di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Apa yang disampaikan oleh Nurhayati dikarenakan Sekretariat Jenderal DPR RI yang bisa disebut supporting agent tidak maksimal dan belum dirasakan manfaatnya.

"Sekarang ini mereka tidak berfungsi. Misalnya anggota Sekretariat Jenderal yang ada di Sekretariat Komisi I, benar-benar tidak membantu Komisi I DPR RI," ujar politisi Partai Demokrat itu.

Dalam rangka HUT DPR RI, dirinya berharap agar ada peningkatan kinerja dewan dan itu harus ditopang dengan peningkatan kinerja Sekretariat Jenderal atau supporting agent.

"Supporting agent itu harus bisa mendukung anggota DPR RI sehingga mampu meningkatkan kinerja anggota DPR RI dan mampu melahirkan demokrasi yang bisa mensejahterakan masyarakat dan setiap integritas anggota DPR RI  sangat diperlukan, terutama bagaimana memikirkan secara nasional dan juga mengembangkan masing-masing daerah," kata Nurhayati.

Selain itu, tambahnya, anggota DPR RI diharapkan bisa menjalin komunikasi dengan konstituen sehingga konstituen bisa mengenal dan merasakan manfaat yang telah diberikan anggota DPR.

"Setiap anggota DPR RI yang melakukan kunjungan kerja harus dilihat apakah sudahkan  bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang memilihnya. Memang penilaian DPR itu abstrak tapi bisa juga diukur apakah masyarakat yang memilih itu ada perubahan misalnya anggaran pusat nyampai di daerah atau tidak,  pembangunan infrastruktur yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, peningkatan ekonomi, bagaimana dengan kesehatan. Intinya apakah hak-hak dasar masyarakat harus terpenuhi," ujarnya.

Masyarakat, tambahnya, juga harus mengenali calon yang akan dipilihnya, harus menyapa anggota dewannya dan terus berkomunikasi. Begitu juga sebaliknya.(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011