LME telah mengambil keputusan ini atas dasar pasar yang teratur
London (ANTARA) - Otoritas London Metal Exchange (LME) menghentikan perdagangan nikel pada Selasa setelah harga naik dua kali lipat hanya dalam beberapa jam ke rekor 100.000 dolar AS per ton, didorong oleh perlombaan untuk menutupi posisi jual setelah sanksi Barat mengancam pasokan dari produsen utama Rusia.

Langkah langka ini menggarisbawahi kepanikan pasar yang diciptakan oleh invasi Rusia ke Ukraina dengan pembeli berebut logam penting untuk membuat baja tahan karat dan baterai kendaraan listrik.

"LME telah mengambil keputusan ini atas dasar pasar yang teratur," kata LME, salah satu bursa komoditas utama dunia, seraya menambahkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan penutupan beberapa hari.

Ini menaikkan persyaratan margin untuk kontrak nikel sebesar 12,5 persen menjadi 2.250 dolar AS per ton, penutupan bisnis efektif Selasa, dan menangguhkan perdagangan nikel di semua tempat setidaknya selama sisa hari itu.

"LME akan secara aktif merencanakan pembukaan kembali pasar nikel dan akan mengumumkan mekanisme ini ke pasar sesegera mungkin."

Baca juga: Emiten tambang optimistis kinerja membaik seiring naiknya harga nikel

Nikel tiga bulan di LME naik lebih dari dua kali lipat pada Selasa menjadi 101.365 dolar AS per ton sebelum LME menghentikan perdagangan pada sistem elektroniknya.

"Kemungkinan margin call yang besar mendorong penangguhan perdagangan, dengan kenaikan tajam memaksa spekulan berebut modal tambahan untuk dimasukkan ke dalam rekening untuk menutupi kekurangan tersebut," kata Susannah Streeter, analis investasi dan pasar senior di Hargreaves Lansdown.

Pada Senin (7/3/2022), bursa mengatakan anggota dengan posisi short (jual), tidak dapat mengirimkan atau meminjam logam dengan kemunduran tidak lebih dari 1,0 persen dari harga tunai hari sebelumnya, mungkin pengiriman mereka ditangguhkan oleh bursa, dibantu oleh instruksi LME.

Ketidakpastian yang disebabkan oleh invasi Rusia dan sanksi yang dihasilkan telah menambah pasar nikel yang sudah bullish karena persediaan yang rendah.

Harga nikel telah naik empat kali lipat selama seminggu terakhir di tengah kekhawatiran pembatasan lebih lanjut pada pasokan.

Rusia tidak hanya memasok sekitar 10 persen dari nikel dunia tetapi Nornickel Rusia adalah pemasok nikel grade baterai terbesar di dunia dengan 15-20 persen dari pasokan global, kata Analis JPMorgan, Dominic O'Kane.

Baca juga: Kenaikan harga komoditas bisa berdampak positif bagi penerimaan negara

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022