Hari ini secara resmi 30 bis listrik dioperasikan pada rute-rute TransJakarta
Jakarta (ANTARA) -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluncurkan 30 bus listrik yang siap beroperasi di jalur TransJakarta mulai Selasa, sebagai upaya untuk menekan  polusi emisi karbon di Jakarta.

"Hari ini secara resmi 30 bis listrik dioperasikan pada rute-rute TransJakarta. Insya Allah hingga akhir tahun ini ada sebanyak 100 bis listrik yang akan beroperasi. Ini menjadi bagian dari fase uji coba yang kita kerjakan," kata Anies dalam inagurasi layanan Bus Listrik TransJakarta di Plaza Selatan Monas, Jakarta, Selasa.

Menurut Anies, peluncuran bus listrik ini akan menjadi bus listrik pertama yang digunakan masyarakat umum di Jakarta, yang memiliki masalah mobilitas yakni polusi dan kemacetan.

"Dua-duanya akibat dari kegiatan kendaraan bermotor yang amat tinggi. Solusi yang ditawarkan kepada masyarakat adalah dengan memfasilitasi kendaraan umum, yakni membangun sistem kendaraan umum yang luas dan berbasis kendaraan listrik," ujarnya.

Dengan peluncuran bus listrik ini, Anies yakin bisa membantu pengurangan emisi gas karbon, tapi di sisi lain juga dia yakin kendaraan pribadi di jalan tetap ada sehingga masalah kemacetan masih tetap menjadi tantangan nyata.

Karena itu, Anies berkeinginan, setelah rencana operasional 100 unit bus listrik terealisasi hingga akhir tahun, berikutnya seluruh armada bus TransJakarta akan diubah menjadi bus listrik.

"Nantinya di tahun 2030 semua kendaraan umum bus di Jakarta bisa operasi dengan bus listrik. Itu harapan kita semua," ucapnya.

Dari informasi yang diperoleh, 30 bus listrik ini merupakan produksi dari BYD (Build Your Dream) dengan agen pemegang merk adalah PT Bakrie and Brothers.

Ke 30 bus listrik ini dioperasikan oleh PT Mayasari Bhakti dan akan beroperasi pada rute non-BRT yakni rute 1P (Terminal Senen-Bundaran-Senayan), 1R (Tanah Abang-Terminal Senen), 1N (Blok M-Tanah Abang), dan 6N (Ragunan-Blok M), dengan jam operasional pukul 06.00-21.00 WIB.

Baca juga: Sebanyak 30 bus listrik mulai melaju di Jakarta
Baca juga: TransJakarta bangun tujuh fasilitas istirahat pramudi secara bertahap
Baca juga: Anies ingin 50 persen bus TransJakarta bertenaga listrik pada 2025

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022