Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Selasa (8/3), mulai dari Presiden Jokowi soroti kegagalan gencatan senjata Rusia-Ukraina, hingga Inmendagri terbaru sebut Jawa dan Bali.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

Presiden Jokowi soroti kegagalan gencatan senjata Rusia-Ukraina
Presiden Joko Widodo menyoroti kegagalan kesepakatan gencatan senjata antara Rusia-Ukraina yang disebutnya berpotensi mendorong bertambahnya korban jiwa dan krisis kemanusiaan di Ukraina.

"Gagalnya kesepakatan gencatan senjata di Ukraina bukan hanya mendorong eskalasi konflik bersenjata tetapi semakin bertambahnya korban jiwa dan krisis kemanusiaan di Ukraina," cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, Selasa (8/3).

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo-Pangeran Khalid bahas kerja sama industri pertahanan
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan HRH Pangeran Khalid bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, Senin (7/3).

Siaran pers dari Kementerian Pertahanan, di Jakarta, Selasa (8/3) menyebutkan, dalam pertemuan dengan Pangeran Khalid selaku Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi ini dibahas penjajakan potensi kerja sama industri pertahanan serta peningkatan kerja sama pendidikan.

Selengkapnya baca di sini.

Wapres pantau kesiapan pasokan pangan jelang Ramadan dan Idul Fitri
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi kantor Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa (8/3) untuk memantau dan mengevaluasi pasokan pangan menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2022.

"Hari ini saya melakukan peninjauan di Kementerian Pertanian, dan saya memperoleh berbagai kejelasan, utamanya tentang ketersediaan bahan pokok khususnya dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya," kata Wapres dalam keterangan pers di Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

KSP: Otorita IKN langsung beroperasi usai aturan turunan UU IKN terbit
Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan langsung efektif beroperasi setelah peraturan turunan dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 mengenai IKN terbit.

Peraturan turunan yang menjadi payung hukum operasional Otorita IKN itu adalah Peraturan Presiden (Perpres) tentang Otorita IKN dan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Pengangkatan Kepala Otorita IKN.

Selengkapnya baca di sini.

Inmendagri terbaru sebut Jawa dan Bali
Kementerian Dalam Negeri menyebutkan ada pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di sejumlah wilayah Jawa dan Bali, seperti diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 15 Tahun 2022.

"Perbaikan kondisi penanganan COVID-19 ini terlihat dari adanya peningkatan jumlah daerah yang berada di level 2 dalam perpanjangan PPKM pekan ini, dari yang sebelumnya 13 daerah menjadi 37 daerah," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal ZA dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (8/3).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022