Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden RI Boediono mengharapkan para atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA Games XXVI dan ASEAN Para Games 2011 untuk menunjukkan prestasi terbaik mereka.

"Mari kita tunjukkan prestasi olahraga terbaik," kata Wapres saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXVIII Tahun 2011 yang diselenggarakan di Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat.

Ajang SEA Games 2011 akan diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, sedangkan ASEAN Para Games digelar di Surakarta, Jawa Tengah.

Wapres berharap para atlet mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan mengukir prestasi di ajang yang akan diselenggarakan pada 11 hingga 22 November 2011.

Selain itu, Wapres juga berpesan agar Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dalam menyelenggarakan SEA Games dan ASEAN Para Games.

"Marilah kita menjadi tuan rumah yang baik," pesan Wapres dihadapan para pelaku dan insan olahraga yang hadir dalam peringatan Haornas 2011.

Sementara itu, dalam acara peringatan Haornas tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menyerahkan boneka komodo yang menjadi maskot SEA Games, bernama "Modo" dan "Modi" pada Wapres dan Ibu Herawati Boediono.

Wapres dan Ibu Herawati tampak tersenyum bangga menerima maskot tersebut, dan melambai-lambaikan maskot SEA Games ke udara yang langsung disambut tepuk tangan dari hadirin.

SEA Games ke-XXVI bakal diselenggarakan di dua kota yakni Palembang dan Jakarta, dengan 542 medali emas yang akan diperebutkan di 44 cabang olahraga. SEA Games di Palembang akan dilaksanakan kompleks olahraga Jaka Baring, dan di Jakarta bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games keempat kalinya. Sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah pada SEA Games X pada 1979, SEA Games XV pada 1987, dan SEA Games XIX pada 1997.

(T.H017/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011